FASHIONLINK X BLCKVNUE Hadirkan Koleksi Cheerful di Jakarta Fashion Week 2021

Pekan mode terbesar di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week (JFW) resmi digelar pada tanggal 26 November 2020. Pada tahun ke 13 ini, JFW 2021 hadir dengan konsep baru sebagai adaptasi terhadap gaya hidup di tengah pandemi Covid-19.

Seluruh rangkaian acara Jakarta Fashion Week 2021 yang digelar di Senayan City ini akan disiarkan dalam platform digital. Para fashion enthusiast dapat menyaksikan fashion show JFW 2021 melalui JFW TV, semua kanal media sosial JFW, dan platform digital milik para partner.

Pada hari pertama, Jakarta Fashion Week 2021 menggelar berbagai macam koleksi dalam FASHIONLINK X BLCKVNUE yang diikuti beberapa desainer yaitu Hattaco, Eureka, Ai Syarif 1965, Bateeq, dan Calla the Label.

Hattaco

image: jakarta fashion week 2021

Dalam pagelaran hari ini Hattaco meluncurkan koleksi bertemakan “COCOON” sebuah capsule collection unisex yang menggabungkan tampilan formal dan kasual. Busana dalam koleksi ini memiliki beberapa keunggulan yaitu mudah dipadupadankan, nyaman, aman, dan cocok untuk layering.

Koleksi ini menyuguhkan penampilan yang tidak biasa namun tetap fashionable mulai dari pakaian yang cocok untuk work from home, sporty set yang bisa digunakan untuk olahraga, hingga lite parka dengan bahan ringan yang membantu melindungi dari droplets dan virus di kerumunan. Beberapa faktor yang diutamakan dalam koleksi Hattaco kali ini ialah kenyamanan, detail yang rapi, dan kualitas yang bagus.

Eureka

image: jakarta fashion week 2021

Koleksi Eureka kali ini memiliki konsep Cherish Spring/Summer 2021 yang dimaksudkan memiliki harapan tinggi akan tahun baru yang lebih baik, Setelah melewati berbagai tantangan dan rintangan yang tidak mudah di tahun 2020 ini, desainer. Pada koleksi Cherish, motif bunga bermekaran yang dibuat dengan metode batik cap yang melambangkan nuansa kedamaian setelah tahun 2020 dan kita semua siap untuk beraktivitas seperti sedia kala.

Baca juga  Walikota Surabaya Gelar Fashion Show, Ramah Disabilitas!

Dalam melestarikan batik, Eureka mempertahankan proses pembuatan batik tradisional namun ia tetap mengolah motif-motif baru yang terinspirasi dari cerita koleksi sang desainer. Kedepannya, EUREKA berencana untuk mengekslpor seni budaya Indonesia yang lainnya

Ai Syarif 1965

image: jakarta fashion week 2021

Ai Syarif 1965 membawakan koleksi dengan tema “hope”, sebuah harapan untuk bisa kembali ke sekolah dan kembali bekerja dengan tenang. tanpa ada rasa takut karena virus yang melanda dunia. Koleksi ini memberikan pakaian yang warna-warna yang menggambarkan semangat, dinamis dan optimis. Serta warna off white yang menggambarkan putihnya hati, dan ketenangan. Koleksi kali ini dilengkapi dengan topi yang memiliki arti untuk melindungi diri dari hujan dan panas. Koleksi ini menggunakan material denim dan katun, serta sepatu yang berkolaborasi dengan heiden heritage.

Bateeq

image: jakarta fashion week 2021

Dalam koleksi ‘Kasada’ Musim Gugur / Musim Dingin 2020 untuk Fashionlink x BLCKVNUE, Bateeq mempersembahkan 12 tampilan pakaian siap pakai. Pada koleksi ini inspirasi datang dari Upacara Yadnya Kasada (atau Kesodo) yang dilakukan oleh orang Tengger orang Jawa Timur, ritual tahunan yang berlangsung di lereng Gunung Bromo yang digunakan untuk bersyukur kepada para dewa.

Baca juga  Kilas Balik Kesuksesan Jakarta Fashion Week 2023

Pada upacara tersebut menyoroti Ambawani yaitu motif asli yang terinspirasi dari batik tambal, dan kombinasi batik tradisional kawung, parang, dan truntum. Inspirasi tersebut memiliki arti bahwa sepanjang perjalanan hidup seseorang, manusia harus selalu melihat dirinya yang lebih baik, lahir dan batin. Zaman dulu orang yang sakit akan menutupi dirinya dengan kain batik tambal, yang diyakini bersifat menyembuhkan.

Koleksi musim ini menampilkan palet warna gelap dengan tone hitam, biru, abu-abu, zaitun, putih pudar, dan kuning musim gugur yang cerah.

Calla The Label

image: jakarta fashion week 2021

Pada koleksi kali ini, Calla The Label membawakan tema “happiness”. Sesuai identitasnya yang memiliki pattern ceria dan colorful serta gaya yang quirky, di Jakarta Fashion Week 2021 kali ini, CALLA memberikan banyak koleksi yang dapat digunakan selain untuk liburan, digunakan ke kantor sehari hari, bahkan dapat digunakan dirumah saja. Seperti koleksi sebelumnya, Calla memiliki styling yang sederhana yaitu dengan cuttingan yang loose dan oversized serta tetap menggunakan bahan dasar kain organic sebagai bahan utamanya. Tema “happiness” ini memang akan memberikan suasana yang happy dan positive vibe karena patternnya yang lucu dan cheerful.

(HV)

Translate »