Eyeliner dan Bulu Mata Magnetik. Apakah Aman?

Belakangan ini sedang hits eyeliner dan bulu mata magnetis yang menjadi alternatif bulu mata palsu tradisional. Dalam eyeliner dan bulu mata magnetis mengandung magnet kecil untuk membantu produk “menempel” ke kelopak mata atas Anda tanpa menggunakan lem.

Kosmetik mata magnetis masih dianggap aman oleh perusahaan yang memasarkan produk tersebut. Namun, meskipun benar bahwa bulu mata dan eyeliner magnet hanya menimbulkan sedikit efek samping, bukan berarti semuanya bebas risiko, terutama jika Anda menggunakannya secara tidak benar.

Berikut yang perlu Anda ketahui tentang eyeliner dan bulu mata magnet, serta cara menggunakannya dengan aman. Bicaralah dengan dokter sebelum menggunakan produk ini jika Anda memiliki kondisi mata yang sudah ada sebelumnya.

Apakah eyeliner magnetik aman untuk mata dan wajah Anda?

image: unsplash (ilustrasi penggunaan eyeliner)

Eyeliner magnetik dirancang untuk melengkapi bulu mata magnet dengan membantunya tetap di tempatnya. eyeliner ini memiliki bentuk cair yang secara umum dianggap aman secara keseluruhan. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri didalam boto, Anda perlu mengganti produk setiap 3 bulan sekali.

Baca juga  Tips Solo Traveling Yang Aman Untuk Muslimah

Eyeliner magnetik aman untuk digunakan, tetapi tetap ada risiko efek samping. Penting untuk mengaplikasikan eyeliner di garis bulu mata agar produk tidak masuk ke mata Anda atau menghalangi kelenjar minyak di kelopak mata Anda. Efek samping yang bisa terjadi pada produk yang satu ini yaitu reaksi alergi.

Apakah bulu mata magnetis aman?

Bulu mata magnet dianggap lebih aman dibandingkan jenis bulu mata palsu lainnya yang menggunakan lem. Namun, produk apa pun yang Anda gunakan di sekitar mata bisa menimbulkan bahaya untuk mata Anda. Risiko Anda mungkin lebih tinggi jika Anda menggunakan produk secara tidak benar, atau jika Anda memiliki kulit dan mata yang sensitif.

Seperti halnya lapisan magnetis, reaksi alergi terhadap bulu mata magnet dapat terjadi. Anda tidak boleh menggunakan bulu mata jika terdapat tanda-tanda iritasi atau infeksi di area mata.

Baca juga  Kulit Kering Saat Penerbangan? Ini Cara Mengatasinya

Jika digunakan secara tidak benar, magnet dalam produk ini dapat merobek bulu mata asli Anda dan merusak folikel rambut.

Bahan eyeliner dan bulu mata magnet

Bulu mata magnet memiliki magnet kecil yang dirancang untuk saling menempel tanpa perlu lem yang biasa digunakan pada jenis bulu mata palsu lainnya. Beberapa jenis bulu mata mengandung rambut sintetis, sementara yang lain memiliki bulu dari hewan atau manusia.

Eyeliner magnetik dirancang untuk membantu bulu mata magnet tetap di tempatnya sekaligus menonjolkan penampilannya. Eyeliner magnetik mengandung bahan oksida besi, yang biasa ditemukan di kosmetik. Besi oksida adalah mineral yang mengandung pigmen yang cukup kecil sehingga tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan.

Meskipun jarang, oksida besi dapat menyebabkan alergi. Anda mungkin sensitif terhadap oksida besi jika Anda memiliki riwayat eksim atau dermatitis kontak. (HV)

Translate »