5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Inilah beberapa manfaat daun sirih yang harus Scarflover ketahui.

image: resplash

1. Antiseptik

Manfaat daun sirih yang pertama sebagai antiseptik. Manfaat tersebut berasal dari kandungan polifenol, terutama chavicol yang memberikan perlindungan ganda dari berbagai jenis kuman. Bahkan karena kandungan tersebut, daun sirih juga digunakan secara luas untuk mengobati radang sendi dan orkitis.

2. Analgesik

Daun sirih berguna sebagai analgesik yang akan mengurangi rasa sakit karena luka, memar, ruam, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, cukup tumbuk halus beberapa lembar daun sirih dan aduk terus hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke bagian tubuh yang sakit.

3. Kurangi bau badan

Manfaat daun sirih selanjutnya juga cukup populer di masyarakat Iindonesia. Daun sirih mampu mengurangi bau badan karena kandungan estradiol dan klavikula. Kandungan tersebut yang berguna dalam mengurangi bau badan yang berlebih. Sebab, estradiol dan klavikula mampu mengatur produksi hormon yang ada di kelenjar

4. Meringankan sembelit

Daun sirih mampu membersihkan radikal bebas dari tubuh, lalu akan mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh. Hal ini akan berguna untuk membantu mengatasi sakit perut dan sembelit. Untuk memanfaatkan daun sirih dalam meringankan sembelit, yaitu dengan hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam ai, lalu biarkan semalaman dan minum airnya di pagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong.

5. Menjaga sistem pencernaan

Daun sirih memiliki sifat-sifat yang bisa membantu untuk melindungi usus. Daun sirih akan bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi lalu merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

(DT)