Wajib Dicoba! Manfaat Merendam Kaki dengan Jenis Garam Ini

Saat tubuh sudah Lelah karena seharian beraktivitas, tandanya kita harus memanjakan diri dengan sedikit melakukan perawatan tubuh.

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah merendam kaki. Scarf Lover sering merawat kesehatan kaki dengan meredamnya di air garam?

Tapi jangan salah dulu ya, bukan garam yang biasa Anda pakai untuk memasak. Melainkan dengan menggunakan garam epsom.

Garam ini biasanya digunakan sebagai salah satu obat yang popular untuk meredakan stress dan juga nyeri otot dengan cara mencelupkan kaki ke dalam air garam.

image: pexels

Garam epsom merupakan senyawa alami yang mengandung magnesium sulfat dan memiliki tekstur yang cukup berbeda dengan jenis garam lain pada umumnya, karena bentuknya yang mengkristal.

Melansir medicalnewstoday.com, merendam kaki dengan menggunakan garam epsom memungkinkan kulit akan dapat menyerap magnesium yang nantinya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kaki. Apa saja ya manfaat merendam kaki di air garam epsom?

1. Meredakan Peradangan

Menyerapnya magnesium pada kulit-kulit kaki yang direndam dapat meningkatkan kadar mineral dalam tubuh dan mengurangi peradangan. Karena dapat mengurangi peradangan inilah kemudian dapat pula meredakan nyeri yang disebabkan karena radang sendiri ataupun asam urat.

2. Eksfoliasi Kulit

Tak hanya kulit wajah dan tubuh saja lho yang butuh eksfoliasi, kulit kaki juga demikian. Apalagi kaki menahan beban paling berat saat kita sedang berdiri atau berjalan. Tentu akan lebih banyak sel-sel kulit mati yang menempel. Merendamnya dengan air garam dapat sekaligus melakukan eksfoliasi sehingga membuatnya terasa lebih halus dan juga lembut.

3. Mengurangi Bau Kaki

Sudah bukan rahasia lagi bahwa trik untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendamnya di air garam secara rutin. Selain itu juga dapat membersihkan kaki secara menyeluruh untuk menghilangkan bakteri.

Bagaimana cara melakukannya?

Anda bisa menggunakan air hangat. Menurut Arthritis Foundation, suhu air antara 92 ° F dan 100 ° F paling baik untuk meredakan nyeri. Ukur sehingga dapat menutupi sampai mata kaki. Kemudian tambahkan setengah atau tiga perempat cangkir garam epsom ke dalam air. Lalu rendam selama 20-30 menit. Jika sudah, keringkan dan jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab. Lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu agar kaki tidak menjadi terlalu kering. (AA)