Tips Mencuci Baju Favorit Agar Tidak Cepat Kusam

Scarflover pasti punya baju kesayangan sampai baju itu dipakai terus-menerus tapi baju yang dicuci terus-menerus akan cepat kusam, loh. Jadi bagaimana cara mencuci baju yang tepat agar baju kesayangan tidak cepat kusam?

Berikut tips mencuci baju yang tepar agar warnanya tidak luntur dan cepat kusam.

image: pixabay

1. Memisahkan baju

Pisahkan baju berdasarkan warna. Jangan campurkan baju yang mudah luntur dengan baju yang lainnya. Anda bisa memisahkan baju berdasarkan warna dan bahan baju. Memisahkan baju ini merupakan cara yang tepat, karena tidak semua baju bisa dicuci menggunakan mesin cuci.

2. Menggunakan detergen yang tepat

Setelah memisahkan baju, penting sekali untuk memilih detergen yang tepat. Penggunaan detergen yang murah dan kualitasnya yang kurang baik akan membuat baju Anda menjadi cepat kusam.

3. Tambahkan cuka

Saat mencuci menggunakan detergen, ada baiknya Anda dapat menambahkan cuka 2 sendok makan. Penggunaan cuka ini berfungsi untuk membantu menahan agar warna pakaian tidak mudah kusam dan luntur.

4. Mencuci dengan air dingin

Baca juga  Tetap Cantik dengan Balutan Blouse ala Vita Nurvitasari

Penggunaan air dingin lebih tepat daripada menggunakan air panas. Menggunakan air dingin akan membuat baju tidak cepat kusam daripada menggunakan air panas, karena air panas hanya dapat mempercepat kusam warna pakaian.

5. Keringkan dengan tepat

Keringkan baju yang telah dicuci dengan tepat. Jangan mengeringkan baju dengan sinar matahari langsung, paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna baju cepat memudar. Gunakanlah panas sinar matahari agar baju tidak cepat kusam dan baju dapat kering secara alami. Jangan juga sering menggunakan mesin pengering, karena terlalu sering mengeringkan baju dengan mesin pengering akan membuat baju Anda cepat kusam.

6. Jangan menggunakan pemutih

Hindari menggunakan pemutih pada baju Anda jika ingin memperpanjang umur baju. Menggunakan pemutih pada baju dapat merusak bahan baju tersebut karena dapat melemahkan serat kain dalam jangka panjang dan mengakibatkan baju akan menjadi cepat kusam.

Anda juga perlu memerhatikan beberapa faktor yang dapat membuat baju Anda kusam.

image: pixabay

1. Tidak memperhatikan instruksi

Baca juga  Manjakan Mata dengan Pesona Wisata Alam di Bogor

Setiap baju biasanya memiliki instruksi cara mencuci yang benar, namun instruksi ini suka tidak diperhatikan padahal instruksi ini sangat penting untuk merawat baju Anda. Pada bagian label instruksi perawatan biasanya terdapat berbagai macam instruksi untuk pencucian dan perawatan seperti, apakah boleh menggunakan pemutih, menggunakan proses pencucian dry-clean, berapa suhu maksimal saat setrika pakaian, dan lain-lain.

2. Merendam dan menjemur terlalu lama

Apakah Anda pernah berpikir bahwa merendam baju terlalu lama akan membuat baju Anda lebih bersih? Sekarang buang jauh-jauh pikiran itu. Merendam baju terlalu lama akan membuat baju kalian cepat kusam. Cukup rendam 1-2 jam saja agar baju tidak kusam.

Begitu juga dengan menjemur. Menjemur pakaian yang terlalu lama apalagi dibawah sinar matahari yang terik akan membuat baju Anda cepat kusam loh.

Sekarang sudah tahu kan tips mencuci baju agar tidak cepat kusam dan beberapa faktor yang membuat baju kusam? Jangan lupa dicoba ya tipsnya, Scarflover. (HV)

Translate »