Sering Mengalami Biduran. Apa ya Penyebabnya?

Salah satu masalah kulit yang paling dihindari oleh orang-orang adalah biduran. Biduran atau urtikaria merupakan sebuah keadaan dimana tubuh mengalami rasa gatal yang luar biasa, muncul ruam-ruam kemerahan dan juga bentol. Hal ini biasanya dipicu oleh alergi.

Melansir healthline.com, biduran dapat dipicu oleh stress, alergi terhadap obat-obatan tertentu, gigitan serangga, sinar matahari, suhu dingin, infeksi dan lain sebagainya.

Tentu penyebab dari biduran ini tak selalu sama dialami oleh orang-orang, namun tentunya Anda harus bisa mengetahui apa penyebab munculnya biduran pada tubuh Anda, sehingga Anda bisa mencegahnya.

Biasanya, biduran akan hilang dalam waktu 24 jam, namun bila lebih dari itu dan mengalami gejala tambahan lainnya seperti pusing, bengkak pada area wajah dan juga kesulitan bernapas, jangan tunda untuk segera mendapatkan perawatan dokter.

Baca juga  Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil
image: sacent.com

Namun jika hanya mengalami gejala yang ringan, jangan khawatir, karena Anda melakukan beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Kompres dengan sesuatu yang dingin

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompresnya dengan sesuatu yang dingin, misalnya es batu yang dibungkus dengan kain lalu oleskan ke daerah ang gatal, ulangi selama beberapa kali.

2. Mandi dengan larutan yang memiliki kandungan anti gatal

Anda juga bisa mencampurkan air mandi dengan oatmeal. Karena oatmeal dapat membantu untuk menghilangkan rasa gatal. Tak hanya oatmeal, tapi Anda bisa menggunakan soda kue.

3. Hindari produk yang dapat mengiritasi kulit

Bagi kulit yang rentan mengalami biduran, harus menghindari produk-produk yang bisa menyebkan iritasi sehingga berakhir menjadi rasa gatal. Misalnya adalah produk-produk yang memiliki wewangian, SLS atau kandungan kimia lain yang membuat kulit menjadi iritasi.

Baca juga  Penyebab Heartburn Saat Hamil

4. Hindari sesuatu yang menyebabkan panas

Jaga tubuh untuk selalu berada di tempat yang sejuk, hindari suasana panas dan juga pengap, karena akan menyebakan rasa gatal itu muncul. Gunakan pakaian yang menyerap keringat agar tetap nyaman seharian.

5. Gunakan gel lidah buaya

Saat rasa gatal itu muncul, gunakan lidah buaya kepada area yang bermasalah. Anda bisa gunakan dari yang berasal dari tanaman lidah buaya atau yang sudah dalam kemasan produk. Gel lidah buaya dapat menenangkan kulit kemerahan sehingga bisa mengurangi rasa gatal.

(AA)

Translate »