Sekitar 26 Orang Tewas Akibat Gempa di Turki dan Yunani

Sebuah bencana gempa yang menggemparkan Turki dan Yunani pada Jumat sore mengakibatkan sekitar 26 orang tewas dan juga ratusan lainnya mengalami luka-luka. Bencana ini juga membuat sebagian bangunan ikut mengalami keruntuhan.

Melansir cnn.com, informasi terkini mendapatasi laporan bahwa sebanyak 24 orang tewas di daerah pesisir barat di Turki, sedangkan dua lainnya merupakan seorang remaja laki-laki dan perempuan yang tewas di Pulau Samos, Yunani. Kedua orang tersebut meninggal dikarenakan terdapat bangunan yang menimpanya.

Para korban diselamatkan oleh para tim penyelamat dengan menggunakan helikopter. Ada pula 196 gempa susulan yang terjadi setelahnya, 23 diantaranya memiliki kekuatan lebih dari 4,0 SR. Pencarian tetap dilakukan dan berlanjut di bangunan-bangunan yang runtuh.

image: twitter.com/1003nadyasyh

Recep Tayyip Erdogan, sebagai Presiden Turki menyampaikan bahwa diantara korban luka-luka di Turki, terdapat sekitar lima orang yang tengah menjalani operasi dan delapan lainnya sedang dalam perawatan intensif.

Di Turki, banyak air membanjiri jalan-jalan, terutama di Cesme dan Seferihisar di beberapa bagian di provinsi Izmir. Sedangkan di Yunani, tepatnya di Pulau Samos lebih digambarkan sebagai “tsunami mini”. Namun tak ada peringatan terkait bencana tsunami yang lebih besar.

Baca juga  Pemeluk Agama Islam di Jepang Meningkat Dua Kali Lipat

Idil Gungor, Jurnalis dan juga pengelola sebuah wisma Turki di provinsi Izmir mengatakan bahwa daerah tersebut lebih dominan oleh air daripada gempa. Mengingat wisma yang ia kelola telah terendam oleh air. Sehingga membuat banyak barang-barang di dalamnya mengalami kerusakan.

Survei Geologi di Amerika menyatakan besaran gempa di Turki sekitar 7,0 sedangkan pihak Turki sendiri mengukur sebesar 6,6 yang mana gempa tersebut melanda 14 kilometer timur laut kota Néon Karlovásion di Samos, USGS melaporkan, pada pukul 1:51 waktu Yunani.

Adapun pihak dari kedua negara menghimbau masyarakat jika ada gempa susulan.

Gubernur Izmir, Yavuz Selim Köşger meminta agar para menjauhi jalanan dan juga penggunaan ponsel sehingga tim tanggap darurat lebih mudah untuk berkomunikasi. Sedangkan di Yunani, Wakil Walikota Samos Giorgos Dionisiou mengatakan kepada media Yunani bahwa beberapa bangunan tua telah runtuh di pulau itu, diantarya sebuah Lembaga Penyiaran Publik. Mereka menghimbau masyarakat di Yunani untuk selalu waspada dan menjauh dari pantai karena khawatir akan ada gelombang tinggi serta gempa susulan

Baca juga  Jasad Eril Ditemukan Utuh dan Wangi

Presiden Turki juga turut menyampaikan ucapan belasungkawa untuk Yunani lewat sebuah tweet.

“Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada seluruh Yunani atas nama saya sendiri dan rakyat Turki. Turki juga selalu siap membantu Yunani menyembuhkan luka-lukanya. Bahwa dua tetangga menunjukkan solidaritas di masa-masa sulit lebih berharga daripada banyak hal dalam hidup.” ujar Erdogan.

Pemimpin Turki dan Yunani yakin, bisa bangkit bersama-sama dari bencana yang sedang menimpanya. (AA)

Translate »