Perbedaan Cleansing Balm dan Cleansing Oil

Membersihkan wajah setelah menggunakan makeup dan beraktivitas seharian merupakan hal yang penting. Jika wajah tidak dibersihkan secara benar dan menyeluruh, nantinya akan menimbulkan jerawat.

Untuk membersihkan wajah, Anda bisa menggunakan pembersih wajah berbasis minyak yaitu cleansing balm dan cleansing oil untuk hasil yang maksimal.

Sama-sama berbasis minyak, lalu apa bedanya cleansing balm dan cleansing oil?

1. Cleansing Balm

image: instagram.com/banilaco_id

Pembersih berbasis minyak ini memiliki bentuk yang padat seperti balsam dengan tekstur yang buttery. Pembersih ini biasa dikemas dalam jar/tub dan dilengkapi spatula untuk mempermudah pemakaian. Untuk penggunaannya Anda dapat mengambil cleansing balm secukupnya menggunakan spatula, lalu aplikasikan ke wajah Anda secara menyeluruh sampai makeup dan kotoran terangkat semua.

Di setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari cleansing balm ini?

Kelebihan dari cleansing balm yaitu mudah dibawa untuk bepergian. Teksturnya yang creamy lebih memudahkan untuk membawanya saat bepergian dibandingan kan cleansing oil yang bertekstur cair. Teksturnya yang padat tidak akan membuat khawatir produk akan berceceran atau tumpah dalam tas.

Baca juga  Manfaat Kesehatan Serai untuk Anak dan Balita

Kelebihan lainnya yaitu cleansing balm lebih mudah untuk digunakan. Produk ini tidak terlalu oily seperti cleansing oil, jadi lebih nyaman digunakan untuk membersihkan bagian mata sehingga tidak masuk ke mata.

Kekurangan dari cleansing balm yaitu, beberapa produk cleansing balm harus dibersihkan mengenakan handuk hangat agar tidak ada produk yang meninggalkan sisa di wajah. Dimana akan cukup menyusahkan jika harus menggunakan handuk yang sudah diberi air hangat dibanding membersihkan menggunakan kapas dan air.

2. Cleansing Oil

image: unsplash

Sesuai namanya, produk ini berbasis minyak dan memiliki tekstur yang oily. Jenis produk ini umumnya dikemas dalam botol pump dan penggunaannya pun lebih simple. Produk ini mampu membersihkan makeup yang tebal dan mengangkat semua kotoran pada wajah. Anda dapat dapat mengaplikasikan 2-5 pump tergantung ukuran wajah dan seberapa tebal makeup Anda.

Tentunya cleansing oil pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari cleansing oil yaitu lebih higienis. Kemasan yang biasanya berbentuk pump membuat cleansing oil lebih higienis dibanding cleansing balm yang berbentuk tube dengan spatula yang kecil yang terkadang bisa saja hilang.

Baca juga  Facial Wajah Dirumah Anti Ribet!

Kelebihan lainnya yaitu cleansing oil dapat membersihkan kuas makeup. Tidak hanya untuk membersihkan wajah, produk ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kuas makeup. Menggunakan cleansing oil akan lebih bersih dibandingkan hanya membersihkan dengan sabun saja.

Selain kelebihan, tentunya cleansing oil memiliki kekurangan. Kekurangan cleansing oil yaitu mudah tumpah. Produk yang memiliki kemasan pump ini lebih mudah tumpah dan berantakan jika tidak ditaruh ditempat yang benar. Produk ini tidak disarankan untuk dibawa bepergian karena dikhawatirkan akan tumpah di dalam tas.

Cleansing oil juga terlalu berminyak dan terkesan messy. Produk yang bertekstur oily ini akan lebih besar terlihat berantakan saat digunakan karena akan mudah berceceran di tangan. Dan juga produk ini lebih berminyak daripada cleansing balm.

Untuk Anda yang bingung untuk memilih menggunakan cleansing balm atau cleansing oil, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ya. Produk ini juga aman untuk semua jenis kulit asal memperhatikan kandungan apa saja yang terletak di dalamnya. (HV)

Translate »