Objek Wisata di Kepulauan Derawan yang Bisa Dinikmati Wisatawan

Apakah Anda pernah mendengar nama Kepulauan Derawan? Kepulauan yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki sejumlah objek wisata bahari yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Kepulauan Derawan yang indah ini dijuluki sebagai Maldivesnya Indonesia karena memiliki penginapan diatas laut seperti di Maldives.

image: adventuretravel.co.id

Kepulauan Derawan memiliki empat pulau unggulan yang menjadi destinasi utama untuk dikunjungi yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban. Masing-masing dari pulau ini memiliki kelebihannya tersendiri.

Terdapat beberapa objek wisata yang dapat Scarflover nikmati di Kepulau Derawan.

image: adventuretravel.co.id

1. Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di pulau Derawan.  Pulau ini memiliki jumlah spesies terumbu karang 460 sampai 470. Hal ini menunjukkan bahwa kekayaan biodiversitas di pulau derawan memiliki urutan kedua setelah Kepulauan Raja Ampat. Indahnya wisata bawah laut ini harus kita jaga dan lestarikan agar menarik wisatawan dan dapat meningkatkan ekonomi dibidang pariwisata.

Baca juga  7 Tempat Terbaik yang Dapat Dikunjungi Ketika di Barcelona

2. Perikanan dan Kelautan

Selayaknya masyarakat yang hidup di pulau, masyarakat di sekitar pulau Derawan selalu melakukan kegiatan budidaya tambak. Budidaya ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk menaikan ekonominya. Sebagai wisatawan yang berkunjung ke pulau Derawan, Anda bisa melihat bagaimana perikanan laut bentuk telur penyu dan melihat konservasi penyu secara langsung serta budidaya tambak. Tidak hanya budidaya penyu, disini Anda juga bisa melihat kegiatan penangkapan ikan sebagai mata pencaharian warga pulau Derawan.

3. Pusat Habitat Pari Manta

Baca juga  Ustadz Abdul Somad Resmi Menikah!

Pulau Sangalaki tidak kalah indah dengan pulau Derawan. Pulau yang merupakan tempat bertelurnya penyu dan spot penyelaman ini menjadi salah satu pusat habitat Pari Manta di dunia.

4. Pantai dan Laut yang Asri

Keasrian pantai dan laut yang masih alami di Pulau Maratua ini menjadi destinasi wisatawan untuk melakukan petualangan gua(caving), dan trekking menyusuri hutan-hutan yang ditumbuhi oleh pohon-pohon di atas batu karang.

5. Wisata Ubur-ubur

Pulau Kakaban merupakan pulau yang benar-benar dilindungi dari perusakan yang dapat dilakukan oleh manusia. Di danau kakaban terdapat empat spesies ubur-ubur  yang tidak menyengat, delapan jenis ikan-ikan kecil, serta biota-biota endemik yang unik.

(HV)

Translate »