Nutrisi dalam Makanan yang Dapat Memperkuat Rambut

374

Ada beberapa faktor utama yang memengaruhi rambut Anda, genetika, usia, hormon, kekurangan nutrisi, dan banyak lagi. Tapi apa yang Anda makan adalah salah satu  hal yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol penampilan rambut Anda.

Dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang terbukti secara ilmiah dapat mempengaruhi ketebalan rambut, pertumbuhan atau kerontokannya, kilauan, dan bahkan kemungkinan rambut beruban. Berikut adalah nutrisi yang dapat Anda temukan pada makanan yang dapat memperkuat rambut Anda.

1. Zat Besi dan Zinc

Baik zat besi dan zinc sangat penting untuk kesehatan rambut secara keseluruhan karena membantu merangsang folikel. Jika Anda tidak mendapatkan cukup zat besi, suplai darah ke folikel tersebut dapat dibatasi dan sebenarnya menyebabkan rambut rontok. Daging merah tanpa lemak, kangkung, brokoli, dan sayuran berdaun hijau lainnya kaya akan zat besi dan sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Zinc juga sangat penting untuk pertumbuhan rambut, jadi makanlah biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk meningkatkannya.

2. Vitamin A, E, dan C

Ketiga vitamin ini berperan besar dalam gaya hidup sehat, dan kesehatan rambut Anda juga bergantung pada ketiga vitamin ini:

Vitamin A: Tanpa vitamin A yang cukup, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup sebum, zat berminyak yang membantu kondisi kulit kepala dan menjaganya tetap lembab. Anda akan menemukan dari makanan seperti wortel dan ubi jalar.

Vitamin C: Makan buah-buahan seperti blueberry, jeruk dan stroberi akan meningkatkan kekuatan rambut Anda. Itu karena vitamin C membantu produksi kolagen, yang dapat memperkuat kapiler yang menopang batang rambut.

Vitamin E: Almond, alpukat, dan bayam adalah beberapa makanan yang kaya vitamin E, yang berperan besar dalam melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Omega 3

Omega 3 sangat penting untuk menutrisi rambut dan, karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami, kita harus mengonsumsinya melalui makanan atau suplemen. Kacang-kacangan dan biji-bijian memberikan hasil yang baik dari Omega 3, ikan seperti salmon, mackerel, dan trout juga merupakan sumber yang baik. Memasukkan asam lemak ini ke dalam makanan Anda akan membantu menjaga rambut Anda tetap halus dan halus.

4. Biotin

Biotin sangat penting untuk keseluruhan kekuatan rambut Anda, dan jika Anda tidak mendapatkan cukup banyak, Anda berisiko menjadi helai rambut yang rapuh dan bahkan rambut rontok. Telur mengandung vitamin B yang tinggi, seperti alpukat, kacang merah, dan kacang polong.

(DA)