Nike Hadirkan Desain Circular untuk Air VaporMax 2020 Flyknit

Koleksi sepatu Nike dengan nama Air VaporMax 2020 merupakan salah satu sepatu yang dibuat dengan mengusung konsep ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan daur ulang.

“Kami ingin melihat tidak hanya limbah Nike tetapi limbah industri lainnya dan bagaimana kami dapat memanfaatkan konten tersebut. Banyak keputusan diambil berdasarkan hal itu,” ujar Jesi Smal, Product Design Lead Nike.

Seluruh proses pembuatan sepatu Nike Air VaporMax 2020 ini mengusung sustainability, yang mengembangkan etos yang menghasilkan Nike Space Hippie.

Setiap elemen dari sepatu ini sangat dipertimbangkan, dari mulai unit full-length VaporMax pertama itu dibuat dari 75% bahan daur ulang, benang daur ulang Flyknit juga dibuatd ari 67% bahan daur ulang pasca-industri serta berbagai komponen lainnya seperti limbah botol plastik.

Baca juga  Diskusi Gaya Hidup Halal di Akhir Pekan Bersama Jakarta Halal Things 2018
image: nike

Selain itu, pelapis kaus kaki Ortholite dicetak dengan dual density terbuat dari sekitar 50% bahan daur ulang dan memperkuat area bawah kaki, sementara untuk lidah sepatu terdiri dari 80% busa daur ulang.

Untuk TPU pada klip tumit dan ujung jari kaki pun demikian, menggunakan 60% bahan daur ulang. Terakhir pada sol luar hingga ke ujung, Nike Air VaporMax 2020 menggunakan bahan yang berkelanjutan.

Tentuya sepatu dengan konsep daur ulang dari Nike ini dapat menyeimbangkan konsep sustainability yang ada sehingga pengguna ikut turut menjaga lingkungan.

Small Kembali menuturkan bahwa Nike memanh ingin membuat bahan yang ramah lingkungan, cepat dan juga mudah sejak awal.

“Itulah sebabnya kami juga berinovasi seputar kemudahan masuk, keluar, dan mengunci untuk merancang sepatu yang lebih cerdas dan dirancang lebih baik untuk semua atlet,” tambahnya.

Baca juga  Bawa Sustainable Fashion dan Sustainable Lifestyle, Modest Fashion ISEF 2020 Siap Diselenggarakan

Jarrod Hale, senior project line manager Nike NSW mengatakan bahwa sebuah landasan yang ingin dicoba pada sepatu ini adalah mengintegrasikan gagasan “Rawthenticity” atau menghidupkan kembali potongan alsi dari masing-masing elemen.

“Dalam pendekatan perfectly-imperfect menggunakan bahan mentah ini, kami merasa ide tersebut dapat menunjukkan kepada pemakainya bagaimana dan mengapa sesuatu hal bekerja, dan dari fungsi dan aspek estetika yang menyatukan semuanya,” kata Hale.

Anda bisa mendapatkan Nike Air VaporMax 2020 dengan harga Rp 3.209.000. Sepatu ini sangat mudah untuk Anda mix and match dengan segala macam fashion outfit.

Scarf Lover tertarik mencoba? (AA)

Translate »