Manfaat Sarang Burung Walet yang Jarang Diketahui Orang

Sarang burung walet telah lama diolah menjadi makanan dengan harga jual yang tinggi. Harga jual yang tinggi ini menjadi salah satu hal yang dapat menguntungkan ekonomi karena ia dapat dijual mulai dari puluhan juta sampai miliaran rupiah. Tidak hanya ekonomi saja yang diuntungkan, namun sarang burung walet ini pun bermanfaat untuk kesehatan.

Sarang burung walet terbuat dari air liur burung walet yang secara bertahap akan mengeras. Walaupun terbuat dari air liur, namun air liur burung walet ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti protein, kalsium, zat besi, kalium, natrium dan magnesium. Karena banyak memiliki kandungan baik, sarang burung walet ini menjadi incaran banyak orang karena dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

image: (ilustrasi sarang burung walet) pixabay

Apa saja ya manfaat sarang burung walet sehingga baik untuk kesehatan?

1. Dapat Membuat Kulit Awet Muda

Sarang burung walet ini sering diolah menjadi makanan yang nikmat seperti dijadikan sup atau es sarang burung walet. Sering mengkonsumsi makanan olahan dari sarang burung walet ini dapat membuat kulit anda tampak lebih muda, lebih halus, dan lebih bercahaya.

Sarang walet ini memiliki sifat antioksidan yang mampu mengurangi radikal bebas sehingga kulit jadi tampak lebih muda dan bernutrisi, serta dapat mencegah dari penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca juga  Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, sarang burung walet dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sarang walet ini memiliki efek yang mirip dengan simvastatin (obat penurun kolesterol) sehingga dapat membantu menurunkan risiko pengentalan darah atau hiperkoagulasi yang mengakibatkan kolesterol tinggi. Karena kolesterol yang tinggilah yang menjadi penyebab penyakit jantung.

3. Mencegah Diabetes

Manfaat lainnya yaitu sarang burung walet dapat mencegah penyakit diabetes. Kandungan dari sarang walet ini dapat mencegah resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes.

Sarang walet dapat membantu mencegah masalah ini dengan mengandalkan senyawa amino yang menekan kadar gula berlebihan.

4. Kaya Akan Asam Amino Penting

Sarang walet kaya akan beberapa sumber asam amino penting. Terdapat asam aspartate dan prolin yang berguna untuk membantu proses regenerasi sel, sistein dan fenilalanin yang dapat membantu meningkatkan kerja memori dan penyerapan vitamin D dari sinar matahari, tirosin yang bermanfaat untuk memulihkan pasca sakit, dan glukosamin yang membantu pemulihan tulang rawan.

Baca juga  5 Bahan Berbahaya Bagi Kulit Wajah Sensitif

Beberapa asam amino penting tersebut tidak bisa diproduksi secara mandiri dalam tubuh, sehingga memerlukan sumber makanan lain seperti sarang walet yang mengandung banyak asam amino penting.

5. Baik Untuk Kesehatan Anak Dan Lansia

Salah satu hal terpenting adalah sarang burung walet ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia mulai dari anak-anak hingga lansia. Mengonsumsi sarang walet secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun perlawanan terhadap flu, pilek, dan penyakit yang lebih serius karena kandungan gizi yang tinggi.

Sarang walet ini mampu meningkatkan konsentrasi, memperkuat memori, serta bagus untuk pertumbuhan otak pada anak-anak.Untuk anak-anak dengan jadwal sekolah yang padat, sarang walet dapat membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat memori serta merangsang pertumbuhan otak.

Tidak hanya untuk anak-anak sarang walet juga baik dikonsumsi untuk lansian karena dapat meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan lho ScarfLover. Protein dan asam amino membantu proses pembaharuan sel dalam tubuh manusia serta meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini penting karena metabolisme melambat saat Anda memasuki usia lanjut.

(HV)

Translate »