Manfaat Melukis untuk Kesehatan

Saat memilikirkan suatu hal atau bahkan sedang memiliki masalah yang mengganggu aktivitas, tentu Anda akan merasa tengganggu. Kerap kali hal tersebut membuat Anda menjadi murung dan jadi orang yang pendiam.

Namun apabila hal tersebut terjadi pada Anda, segera untuk keluar dari zona tersebut dan lebih baik untuk mengeskpresikannya ke dalam sesuatu yang bermanfaat, misalnya melukis.

image: unsplash

Tak hanya membuat coretan berwarna di atas kertas atau kanvas, namum melukis juga memiliki banyak manfaat, salah satunya berpengaruh untuk kesehatan jiwa dan mental Anda.

Dengan adanya sebuah medua untuk menyalurkan, diharapkan akan membuat perasaan menjadi jauh lebih baik.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ada beberapa manfaat melukis bagi kesehatan.

Baca juga  6 Solusi Sederhana untuk Meningkatkan Ergonomi Ruang Kerja di Rumah Anda
image: unsplash

1. Meningkatkan Konsentrasi

Melukis dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Karena dengan melukis, mau tidak mau Anda harus memberi perhatian terhadap detail-detail di komponen yang dilukis. Konsentrasi yang baik tentuny akan memberikan hasil yang terbaik.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sama dengan pekerjaan lain dimana saat kita mengerjakan dengan baik tentu akan mengembalikan rasa percaya diri. Sama dengan melukis, saat Anda mengerjakannya dengan tekun, tentu akan sangat menyenangkan apabila hasilnya baik. Tingkat percaya diri pun akan jadi lebih meningkat.

3. Mengekspresikan Perasaan

Melalui media cat air dan juga kanvas, Anda bisa mengekspresikan perasaan dan juga emosi. Kegiatan yang satu ini juga bisa digunakan sebagai penyalur emosi melalui sebuah karya seni. Cocok bagi Anda yang mungkin kurang terbuka pada orang lain.

Baca juga  Superfood, Ini 5 Manfaat Salmon untuk Kesehatan!

4. Memperkuat Memori

Melukis dapat meningkatkan keterampilan mengingat dan juga mempertajam pikiran lewat visualisasi dan juga implementasi konseptual. Banyak orang menggunakan sarana kreatif seperti menulis atau melukis untuk memperkuat memori. Karena seiring dengan bertambahnya usia, kualitas memori juga semakin menurun.

5. Cara Tepat untuk Bersantai

Daripada melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik menyalurkannya ke dalam sebuah karya seni, misalnya melukis. Saat melukis, pikiran akan berfokus pada area yang sedang dikerjakan, hal tersebut dapat mengurangi stress dan juga membuat tubuh menjadi terasa lebih rileks. Cocok untuk kegiatan yang bisa dilakukan saat akhir pekan.

(AA)

Translate »