Mana yang Lebih Baik, Ingatan Laki-laki atau Perempuan?

Daya ingat setiap orang tentunya berbeda. Ada yang pandai mengingat, tapi ada juga yang pelupa. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor usia dan yang lainnya.

Tapi ada beberapa yang berpendapat bahwa ingatan perempuan jauh lebih baik dibandingkan dengan laki-laki. Contoh paling sederhana yang bisa dilihat adalah, perempuan selalu tahu letak perlatan yang disimpan oleh laki-laki, perempuan kerap mengingat tanggal-tanggal penting di hidupnya. Namun tidak dengan lelaki yang seringkali lupa.

Tapi benar kah demikian?

Ternyata memang benar lho, Scarf Lover hal tersebut tercermin dari sebuah penelitian tahun 2015 dari Journal of American Medical Association yang membuahkan hasil bahwa memang perempuan memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan dengan laki-laki.

Baca juga  Pentingnya Mengonsumsi Garam Beryodium
image: medicalnewstoday.com

Hal tersebut bisa terjadi karena ternyata memang permepuan memiliki hormon estrogen dan juga estradiol yang jauh lebih banyak sehingga dapat selalu melindungi saraf-saraf otak sehingga dapat bisa mengingat hal-hal yang telah lalu.

Hal ini juga dapat terlihat pada saat usia kanak-kanak, dimana permpuan lebih unggul ingatannya daripada pria. Hal ini terutama berlaku untuk ingatan verbal. Perbedaan menjadi lebih signifikan setelah pubertas, dan berlanjut hingga dewasa.

Baca juga  Semprotkan Pada Lima Titik Ini untuk Aroma Parfum Lebih Tahan Lama

Namun, apabila sudah memasuki masa lanjut usia atau menompause, ingatan perempuan juga lama kelamaan bisa melemah juga, Scarf Lover. Hal ini bisa disebabkan karena penyakit alzheimer atau demensia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa aspek verbal dan asosiatif dari memori lebih cenderung terganggu daripada fungsi nonverbal seiring bertambahnya usia.

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa perempuan juga mengalami kesulitan dengan kefasihan verbal pada saat-saat ini. Namun demikian, perempuan dengan otak penuaan yang sehat terus memiliki keunggulan dibandingkan laki-laki dalam hal fungsi memori.

(AA)

Translate »