Kiat Tepat Mengelola Emosi

Saat dihadapkan dengan suatu banyak hal yang menyulitkan, pasti diri ini rasanya ingin meledak-ledak. Terutama jika bersamaan dengan mood yang memang sedang tidak baik. Rasa kesal, marah dan juga emosi tentu sangat manusiawi.

Namun akan lebih baik untuk Anda bisa mengendalikannya. Karena dengan perasaan emosi, Anda tidak bisa melakukan apapun dengan baik. Justru malah akan berakhir dengan menambah masalah baru. Scarf Lover tentu tidak ingin itu terjadi bukan?

Daripada berlama-lama bertahan dalam emosi, yuk sama-sama lihat bagaimana kiat tepat mengelola emosi.

image: pexels

Melansir laman mindful.org. Ada 5 kiat tepat untuk emosi, yakni dengan solusi dari S.N.A.C.K. Tapi jangan salah focus dulu ya, Scarf Lover. SN.A.C.K ini bukan berarti makanan, melainkan sebuah singkatan. Mari bahas sama-sama

Baca juga  Jarang Diketahui Orang, Khasiat Ubi Ungu Ini Baik bagi Kesehatan!

1. Stop

Dimulai dari Stop. Yuk sama-sama kita berhenti sejenak dari pekerjaan yang sedang kita lakukan. Melakukan sesuatu dengan perasaan marah tak akan berakhir maksimal. Lebih baik istirahat sejenak untuk nanti bisa melanjutkan kegiatan dengan pikiran yang fresh.

2. Notice

Beri pehatian dengan sekitar. Lihat yang ada di sekitar Anda. Apa yang dirasakan. Tarik nafas dalam-dalam dan coba untuk tidak terjebak di dalamnya. Jangan terlalu larut dalam emosi karena tak akan pernah ada habisnya. Simpan energi untuk sesuatu yang lebih baik.

3. Accept

Ini yang bisa dikatakan paling rumit. Kita harus menerima keadaan. Ingat ya, Scarf Lover. Kita harus bisa belajar menerima untuk berjuang lebih banyak lagi. Hasil yang kita dapatkan di akhir adalah apa yang telah diperjuangkan diawal. Terima dan berjuang kembali lebih keras, jangan hanya emosi.

Baca juga  7 Inspirasi Model Hijab ala Adelia Pasha

4. Curious

Tanyakan pada diri sendiri lebih dalam. Sebenarnya, apa yang Anda inginkan dan pikirkan? Kenapa harus meluapkannya dalam emosi? Dengan cara ini akan membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.

5. Kindness

Kebaikan. Tentu ini yang harus selalu diterapkan meski dalam keadaan emosi. Usahakan untuk selalu berbuat baik dan menebar kebaikan. Jangan luapkan amarah pada orang lain. Karena dengan kita menanggapi segalanya dengan kebaikan, tentu akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan walau keadaannya sulit.

(AA)

Translate »