Kenapa Tanaman Janda Bolong Harganya Mahal?

461

Belakangan ini tengah ramai diperbincangkan soal tanaman janda bolong atau Monstera adansonii karena memiliki harga yang cukup fantastis, yakni bisa sampai ratusan juta rupiah.

Tanaman ini bisa dikatakan cukup unik karena memiliki bentuk bolong-bolong pada daunnya, makanya dikenal dengan nama janda bolong. Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah untuk dirawat, misalnya hanya perlu memperhatikan penyiraman, pemupukan serta pengendalian hama penyakit. Hal ini lah yang membuat semakin banyak orang mencarinya.

image: unsplash

Mengapa tanaman ini memiliki harga yang tinggi? Melansir dari berbagai sumber, hal tersebut dikarenakan tanaman janda bolong memiliki pencampuran warna yakni putih dan juga hijau.

Melansir laman ketik.unpad.ac.id, tingginya harga yang ditawarkan untuk tanaman janda bolong juga bisa saja jadi sebuah permainan harga yang diangkat oleh penjual.

“Sebenarnya peningkatan atau naiknya harga yang drastis bukan akibat dari sulitnya teknik budidaya yang dilakukan, ini hanya sebatas dari permainan dagang atau harga untuk tanaman hias,” jelas Syariful Mubarok, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran.

Ia juga menjelaskan ia khawatir bahwa meski harganya saat ini sedang melambung tinggi dan sudah banyak pula yang memproduksi tanaman ini, lama kelamaan akan membuat harganya menjadi turun sangat drastis.

Menurut Syaiful, tentu ada sisi baik dan buruknya meningkatnya tanaman hias janda bolong ini. Terkait dengan sisi baiknya adalah meningkatkan nilai ekonomis sejumlah tanaman hias. Namun buruknya adalah, lama kelamaan membuat harga tanaman tersebut menjadi turun drastis karena semakin banyak orang membudidayakannya, akhirnya tidak lagi memiliki nilai ekonomis.

Semenjak pemerintah memutuskan untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar jilid II, banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah untuk mencari kegiatan serta hal-hal baru, salah satunya yakni merawat tanaman hias.

Merawat tanaman hias sendiri juga memiliki banyak manfaat lho, Scarf Lover. Selain mengisi waktu luang, namun juga bisa bermanfaat untuk Kesehatan mental kita.

Scarf Lover punya keinginan untuk membeli tanaman janda bolong? (AA)