Kenali Jenis Kain yang Sering Dipakai untuk Bahan Pakaian

Anda sudah mengetahui jenis-jenis kain? atau selama ini Anda membeli pakaian karena designnya saja buka karena kualitas kainnya. Untuk itu jika Anda belum tahu jenis-jenis kain artikel ini cocok sekali untuk Anda, karena dengan Anda tahu jenis kain untuk pakaian Anda tidak akan salah lagi karena jenis kain yang Anda beli tidak nyaman pada saat ditubuh Anda.

Banyak kain yang digunakan pada jenis pakaian namun berbagai jenis ini berbeda bahkan digunakannya juga bisa jadi berbeda, harus lebih teliti juga jenis kain untuk pakaian ini cara cucinya seperti apa dan bagaimana menjaganya agar tetap nyaman di tubuh dan tidak mudah rusak. Okay langsung aja kenali jenis kain yang sering digunakan dalam proses pembuatan bahan pakaian, diantaranya.

1. Kain Katun

image: insidenedia

Pasti ditelinga Anda nama kain yang satu ini tidak asing lagi ya?  Kain yang terbuat dari serat kapas ini memang dikenal sebagai jenis kain yang paling nyaman di kulit dan mempunyai daya serap keringat yang baik. Kain Katun sering dijadikan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Tidak hanya itu, serat kain katun diketahui sebagai serat yang kuat sehingga kualitas kain dapat bertahan lama.

Baca juga  4 Rekomendasi Baggy Pants Tampil Gaya Kasual yang Menarik

2. Kain Drill

image: shopee

Kain Drill juga mempunyai kemampuan menyerap keringat yang baik, cuma bedanya kain Drill lebih tebal dibandingkan Katun atau Linen. Bahan kain ini terbuat dari pencampuran serat tetoron dan rayon serta polyester. Kain ini biasanya cocok untuk pakaian seperti celana, rok, dan seragama pakaian pabrik.

3. Kain Linen

image: fabelio.com

Kain linen merupakan kain yang terbuat dari serat alami tumbuhan rami, sehingga serat kain ini akan terlihat jelas dan terasa kaku namun mempunyai tekstur lebih halus dibanding katun.

4. Kain Denim

image: pexels

Kain denim adalah salah satu dari macam macam kain yang terbuat dari serat yang sangat kuat, tebal namun mudah dicuci. kain Denim biasanya dibuat untuk jaket dan celana panjang, denim saat ini juga sering dijadikan sebagai bahan utama pakaian sehari-hari seperti blus, rok dan casual dress dengan ketebalan kain yang berbeda-beda.

5. Kain Rayon

image: olympics30.com

Kain Rayon adalah kain yang dibuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Serat yang dijadikan benang rayon berasal dari polimer organik, sehingga disebut serat semisintesis karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya. Jadi, tidak heran kalau macam kain rayon sangat cocok dipakai dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca juga  Tulola Jewellery Mengeluarkan Koleksi Terbaru Menggandeng 3 Artis Ternama Indonesia

6. Kain Jersey

image: shopee

Kain Jersey merupakan bahan kain yang dibuat dari jenis tekstil rajutan. Penggunaan dari kain jersey ini adalah secara umum digunakan untuk membuat kaos/ t-shirt seperti kaos jersey bola, dan juga untuk selimut musim dingin.

7. Kain Sutera

image: pixabay

Bagi Anda pasti sudah tahu jenis kain ini, akan tetapi jarang dari kita yang menggunakan jenis baju dari kain ini, ya mungkin karena harganya yang mahal. Kain sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). Sutra memiliki tekstur mulus, lembut, tetapi tidak licin.

Inilah beberapa jenis pakaian yang harus Anda ketahui, dengan ini pasti Anda sudah tahu jenis pakaian baju Anda terbuat dari kain apa. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat yaa.

(DT)

Translate »