Kemenparekraf Luncurkan Program Pelatihan Fotografi dan Ilustrasi

24

Ingin meningkatka ketrampilan fotografi dan juga ilustrasi masyarakat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan sebuah program fasilitasi yang bekerja sama dengan platform pembelajaran digital, Vokraf.

Program yang dinamakan “Start Your Journey” ini akan mulai dilakukan secara daring melalui Vokraf pada 19 November hingga akhir November 2020. Ada banyak sekali peserta yang mengikuti program ini, diantara Aceh, Kalimantan hingga Papua.

Muhammad Neil El Himam sebagai Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf mengatakan bahwa program tersebut dibandung berlandaskan dampak yang dipengaruhi oleh Covid-19 kian membesar. Dimana Kemenparekraf berharap dengan adanya program ini semakin menambah skill dan juga produktivitas sehingga perekonomian Indonesia tetap berputar.

Dirinya mengatakan bahwa pelatihan di bidang fotografi dan ilustrasi diharapkan dapat mendorong produktifitas masyarakat. Khususnya fotografi, target peserta difokuskan pada pemilik maupun masyarakat yang bekerja di sektor UMKM. Apalagi zaman sekarang yang serba digital sehingga dapat mempengaruhi daya tarik.

“Kedua bidang baik fotografi dan ilustrasi menjadi bagian penting pendukung dalam transformasi digital sehingga perlu dilakukan peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif dalam bidang tersebut,” kata Neil.

Neil berharap program ini dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dalam hal menggambar digital, menuangkan ide dan juga mendukung visualisasi produk digital.

“Sembari kita berharap kondisi segera kembali normal, mari kita terus tingkatkan kapasitas dan keterampilan agar semakin memiliki daya saing dan daya jual yang tinggi,” ujar Neil.

(AA)