Kandungan Obat yang Bisa Membuat Perubahan Warna Pada Gigi

Setiap orang tentu ingin memiliki gigi yang terlihat putih dan bersih. Tak jarang mereka rela untuk merogoh kocek yang lumayan dalam untuk memberikan perawatan terbaik.

Tentu ada banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan adanya perubahan warna pada gigi seseorang. Dari mulai gaya hidup yang tidak sehat dan juga terlalu sering mengosumsi obat-obatan.

Bagi Anda yang terlalu sering mengonsumsi obat-obatan yang kerap dihubungkan dengan kondisi kesehatan tertentu, biasanya mengalami perubahan warna pada gigi. Hal tersebut dikarenakan bahwa memang senyawa pada obat memberikan efek yang kurang menyenangkan.

image: pixabay
image: pixabay

Melalui laman colgate.com, berikut ada beberapa jenis obat yang membuat perubahan warna pada gigi.

Baca juga  Manfaat Melukis untuk Kesehatan

1. Antibiotik

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan obat yang satu ini. Memiliki berbagai macam merk dagang yang bisa kita didapatkan dimana saja. Antibiotik terkenal karena dapat membunuh virus-virus berbagai macam penyakit hingga jerawat. Namun jangan asal mengonsumsi antibiotik ya, Scarf Lover. Terutama ibu hamil dan menyusui. Karena selain dapat membuat perubahan warna pada gigi, kandungan tetrasiklin di dalamnya dapat mempengaruhi penampilan gigi bayi.

2. Antihistamin

Selanjutnya adalah Antihistamin. Obat ini memiliki beragam manfaat, diantaranya untuk meredakan deman, gatal, pilek dan juga gejala alergi. Namun sayangnya dapat pula menyebabkan perubahan warna pada gigi di beberapa orang. Jadi mungkin ini bisa menjadi salah satu acuan Anda dalam memilih obat.

Baca juga  Tren Skincare yang Akan Viral di 2021

3. Obat Anti Hipertensi

Obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, termasuk penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), penghambat saluran kalsium, penghambat beta, obat irama jantung, dan diuretik, dapat menyebabkan efek samping seperti mulut kering. Seperti yang kita ketahui bahwa mulut kering akan menyebabkan kiya kesulitan menelan, pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan noda pada gigi.

(AA)

Translate »