Jatuh Sakit Saat Berlibur di Luar Negeri, Harus Bagaimana?

Traveling tentunya menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama saat dilakukan bersama dengan orang-orang tercinta. Dengan traveling, Anda bisa menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk suasana yang menyebabkan kita menjadi stress.

Anda bisa berlibur ke pantai, staycation ke hotel unik ataupun wisata belanja barang-barang yang sudah ada di wishlist Anda.

Perjalanan liburan ke luar negeri masih menjadi pilihan banyak orang yang menginginkan suasana yang lebih baru.

Namun tentunya suasana menyenangkan tersebut bisa berubah menjadi muram saat tiba-tiba Anda jatuh sakit. Penyebab sakit saat sedang traveling tentu diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Bisa jadi Anda masih belum bisa beradaptasi dengan perubahan cuaca disana atau tidak cocok dengan makanan khas negara tersebut.

Tak heran bila Anda atau keluarga tiba-tiba jatuh sakit, apalagi sebelumnya Anda belum pernah punya pengalaman untuk menangani demikian.

image: pexels

Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika sakit saat sedang berlibur ke luar negeri seperti yang dilansir dari laman smartertravel.com.

Baca juga  6 Makanan Sehat untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

1. Selalu periksa asuransi sebelum berpergian

Saat sudah menentukan waktu untuk melakukan perjalanan jauh ke luar negeri, periksakan asuransi Anda. Hal tersebut masih banyak yang terlupa oleh orang-orang saat akan berpergian. Karena berbekal asuransi kesehatan, Anda akan merasa lebih aman saat terjadi sesuatu karena sudah ditanggung oleh asuransi.

2. Hubungi kedutaan jika mengalami sakit yang serius

Anda juga bisa menghubungi kedutaan jika merasa mengalami penyakit yang serius. Nantinya kedutaan akan membantu Anda untuk merekomendasikan rumah sakit yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, kedutaan juga akan membantu menghubungi keluarga di tanah air serta hal-hal lain yang menyangkut Anda sehingga akan membuat Anda tetap merasa aman dan nyaman.

Baca juga  5 Manfaat Oregano: Penyedap Masakan yang Baik untuk Kesehatan

3. Ajak seseorang untuk pergi ke dokter

Cari perawatan dokter yang telah ditanggung oleh asuransi. Ini lah pentingnya mengecek asuransi sebelum berpergian jauh. Jangan lupa minta bantuan orang terdekat untuk menemani Anda mengurus segala keperluan di rumah sakit, terutama bila Anda mengalami kendala dalam Bahasa.

4. Jangan pernah lupa membawa obat pribadi

Selalu lengkapi perlengkapan Anda saat pergi kemanapun, terutama luar negeri. Bawa obat-obatan pribadi yang biasa Anda gunakan. Tips ini dapat membantu Anda jika sewaktu-waktu mengalami gejala sakit yang ringan, karena tentu penggunaan dosis obat di tiap negara berbeda, bukan?

5. Karantina Diri Sendiri

Jika Anda berlibur dengan banyak orang, Anda bisa memutuskan untuk melakukan karantina mandiri dengan pisah kamar hotel sambil melakukan pengobatan. Ini bisa menjadi salah satu tips agar tidak menularkan penyakit Anda dengan orang lain.

(AA)

Translate »