Ingin Menguap Saat Solat, Harus Bagaimana?

Seluruh umat Islam wajib menjalankan ibadah solat 5 waktu, subuh, zuhur, ashar, maghrib, isya. Namun seringkali kita medapati diri merasa lelah dan mengantuk saat sedang menjalankan solat, yang mana biasanya hal ini disebabkan oleh kelelahan.

Rasa lelah yang memuncak, kerapkali membuat kita menjadi sering menguap saat tengah solat. Namun apakah itu diperbolehkan?

Sebaiknya hal tersebut tidak boleh dilakukan, Scarf Lover. Karena seperti yang kita ketahui bahwa saat menjalankan solat, kita harus benar-benar khusyuk. Tidak boleh melakukan gerakan apapun selain gerakan solat.

Baca juga  Benarkah Indonesia sebagai Wilayah yang Dimaksud dalam Surah Ar-Rahman?

Apabila merasa sangat mengantuk saat solat dan ada rasa ingin menguap, sebaiknya tahan sebisa mungkin. Berkaca dari salah satu hadist Rasulullah SAW.

التَّثَاؤُبُ فِي الصَّلاةِ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَكْظِمْ مَا اسْتَطَاعَ

Artinya: “Menguap ketika salat adalah dari setan, jika salah seorang dari kalian menguap, maka tahanlah semampunya.”

Melansir dari berbagai sumber, menguap itu berasal dari setan. Setan selalu menggoda umat manusia yang tengah menjalankan ibadah, salah satunya solat. Maka dari itu kita selalu merasa mengantuk saat sedang solat. Maka dari itu, tahan sebisa mungkin rasa kantuk itu dengan mengatupkan kedua bibir saat ingin menguap.

Baca juga  Kisah Halimah Sa'diyah Mendapat Keberkahan Setelah Asuh Nabi Muhammad

التَّثَاؤُبُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ الشَّيْطَانُ

Artinya: “Menguap adalah dari setan, jika salah seorang dari kalian menguap, maka hendaknya ditahan semampu dia, sesungguhnya jika salah seorang dari kalian (ketika menguap) mengatakan (keluar bunyi): ‘hah’, maka setan tertawa.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, dan ini lafazh riwayat Al-Bukhari).

(AA)

Translate »