Cara Mengubah Area Sempit Menjadi Lebih Luas

Melakukan dekorasi pada rumah tentu akan jadi sebuah kegiatan yang menyenangkan bukan, Scarf Lover? Apalagi dengan kita memilih sendiri segala kebutuhan furnitur di rumah yang sesuai dengan keinginan dan juga selera.

Namun biasanya, proses pemilihan furnitur atau dekorasi lain kerap kali terhambat karena hanya memiliki sedikit ruang bisa justru membingungkan untuk kita menghiasnya.

Tapi jangan khawatir, karena Scarf Media punya trik untuk mengubah area yang sempit menjadi terlihat lebih luas, seperti yang dilansir di laman estilo-living.com

1. Pemilihan Dekorasi

image: unsplash

Dekorasi akan sangat berpengaruh terhadap kondisi ruangan, apakah akan terlihat lebih luas atau bahkan lebih sempit. Anda bisa menambahkan sebuah lukisan yang memiliki ukuran besar atau menempatkan vas di atas meja sehingga akan menciptakan titik fokus di suatu ruangan tersebut. Alhasil nantinya dekorasi tersebut ajan menjadi sebuah perhatian lebih yang membuat ruangan jadi terlihat lebih besar. Lebih baik untuk menggunakan satu dekorasi ukuran besar dibandingkan dengan menggunakan dekorasi kecil yang berjumlah banyak. Karena hal itu justru membuat ruangan jadi lebih sempit.

2. Warna Cat

image: idealhome.co.uk

Selain dekorasi, tentu pemilihan cat di suatu ruangan sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya. Strategi yang bisa diciptakan untuk membuat ruangan terlihat lebih luas adalah dengan menggunakan cat berwarna gelap serta disesuaikan dengan furnitur yang warnanya lebih terang. Hal ini dilakukan untuk menambahkan kontras yang mencolok diantara keduanya. Sehingga menciptakan ruangan yang lebih luas dan juga dinamis.

Baca juga  Mengapa Muslimah Perlu Produk Kosmetik Halal?

3. Gunakan Wallpaper

image: idealhome.co.uk

Trik ini juga bisa menjadi opsi untuk ruangan yang ingin terlihat lebih besar. Pemilihan pola wallpaper yang tepat akan membuat ruangan yang sempit akan terlihat lebih luas. Anda bisa memilih untuk menggunakan wallpaper model mural yang dipasang dengan pola memanjang dari satu dinding ke dinding lainnya. Hal ini akan menipu mata yang melihatnya karena pola yang dibuat terus menerus. Alhasil, semakin rumit polanya, mata akan sulit melihat akhir dindingnya.

4. Menyamakan Furnitur dengan Warna Dinding

image: unsplash

Tentu akan membutuhkan waktu serta uang yang lebih jika Anda ingin mengecat ulang seluruh ruangan. Jadi, Anda bisa melakukan trik ini, yakni dengan memilih furnitur yang warnanya sama dengan dinding. Trik ini akan menarik visual kepada ruangan yang terlihat lebih luas.

5. Melakukan Kompartmentalisasi Pada Ruangan

image: unsplash

Bila Anda memiliki ruangan yang minim tempat, Anda bisa memanfaatkan ruangan tersebut untuk dibagi sesuai dengan fungsi yang berbeda. Misalnya Anda memiliki ruang tamu berukuran kecil, namun ingin ada ruang kerja yang cukup, Anda bisa memberikan batas yang jelas, misalnya dengan menggunakan sofa, atau partisi yang menjadi sekat. Bisa juga menggunakan dekorasi yang bisa memisahkan satu menjadi dua ruangan sehingga membuatnya multifungsi.

Baca juga  Lakukan Tips Ini Agar Concealer Bawah Mata Tidak Creasing

6. Memilih Furnitur Multifungsi

image: ikea.co.id

Ruangan yang sempit akan lebih baik tidak menggunakan banyak furnitur atau perlengkapan. Sebaliknya, justru Anda bisa memilih beberapa furnitur saja yang multifungsi, sehingga dapat menyimpan beragam barang hanya dengan satu furnitur. Tentunya trik ini sekaligus dapat menghemat ruang juga bukan?

7. Solusi Furnitur Minimizable

image: estilo-living.com

Pernahkah Anda melihat furnitur meja makan yang bisa dilipat? Hal itu bisa Anda manfaatkan bila memiliki ruangan yang tidak cukup besar. Sehingga bila Anda sedang tidak memakainya, bisa Anda lipat kembali. Tak hanya meja makan, tetapi ada juga meja belajar ataupun peralatan lain yang bisa dilipat saat tidak digunakan.

8. Maksimalkan Rungan dengan Cermin

image: visualhunt.com

Cermin juga bisa membantu ruangan agar terlihat lebih luas secraa instan. Tak hanya itu saja, cermin juga dapat membuat ruangan terlihat lebih stylish dan minimalis. Anda bisa juga menambahkan sejumlah beberapa hiasan pendukung di dinding untuk memaksimalkan tata ruang.

(AA)

Translate »