Cara Mengatasi Jet Lag Saat Berpergian

Saat Scarf Lover berpergian ke tempat yang memiliki perbedaan zona waktu, Anda akan mengalami ketidakselarasan jam biologis yang biasa disebut jet lag.

Akibatnya Anda akan merasakan beberapa masalah seperti gangguan tidur, iritasi, kurang konsentrasi, dan lain-lain yang disebabkan karena tubuh menyesuaiakan diri dengan waktu barunya.

Tentunya saat berpergian Anda tidak ingin menghabiskan waktu Anda dengan merasakan jet lag, dirangkum dari globotreks.com, berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Sebelum Penerbangan

image: pexels

1. Pilih Penerbangan yang Terbaik

Anda bisa memilih penerbangan terbaik seperti penerbangan tanpa transit atau memilih kelas yang nyaman. Perubahan tekanan kabin berulang kali dapat memperburuk jet lag.

2. Sesuaikan Makann Anda

Anda bisa mengatur jadwal makan Anda sesuai dengan waktu makan di tujuan Anda atau mengkonsumsi makanan yang akan Anda makan di sana. Hal ini dapat membantu mengurangi stres perut saat tiba di tujuan.

3. Pilih Makanan Bernutrisi

Baca juga  Tips Agar Akun Sosial Media Tidak Jadi Incaran Hacker

Konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein, rendah karbohidrat, rendah kalori, dan lemak dalam jumlah terbatas. Dengan nutrisi yang baik, dapat membantu Anda agar tidak lemas.

4. Istirahat yang Cukup

Sebelum penerbangan, cobalah untuk mendapatkan malam yang tenang. Jangan terlalu capek dengan melakukan aktivitas yang melelahkan.

Saat Penerbangan

image: pexels

1. Sesuaikan Waktu Anda

Setting waktu di jam tangan atau handphone Anda sesuai dengan waktu destinasi tujuan Anda, agar lebih membiasakan diri dengan zona waktu yang baru.

2. Minum Banyak Air

Salah satu cara mengurangi jet lag adalah dengan tetap terhidrasi, jangan konsumsi minuman yang berasa terlalu berlebihan karena dapat membuat Anda cepat dehidrasi.

3. Lakukan Peregangan

Sesekali Anda bisa bangun dari tempat duduk dan mulai merengangkan kaki, tangan, punggung, serta leher Anda. Saat duduk, Anda juga bisa melakukan peregangan dengan melakukan yoga sederhana untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Baca juga  Mengintip OOTD Elegan ala Diana Dsaks

4. Tetap Rileks

Nikmati hiburan dalam penerbangan seperti membaca buku, menonton film, mengobrol, dan lain-lain yang dapat membantu Anda untuk tetap rileks selama di perjalanan.

5. Istirahat

Faktor yang banyak terjadi saat jet lag adalah kelelahan. Usahakan Anda beristirahat dalam penerbangan agar badan Anda tetap segar dan tidak kelelahan.

Setelah Penerbangan

image: pexels

1. Jangan Langsung Tidur

Karena perbedaan zona waktu, biasanya tubuh Anda akan merasa lelah secara alami sesuai waktu istirahatnya. Usahakan untuk tetap aktif sampai datang waktu tidur di tujuan Anda.

2. Ambil Sinar Matahari

Berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari dapat membantu untuk meningkatkan kewaspadaan Anda yang dapat membuat Anda tetap aktif.

3. Pertahankan Energi

Isi kembali tubuh Anda dengan mengkonsumsi suplemen vitamin, makanan yang benutrisi serta buah dan sayur. Selain itu, penting untuk minum banyak air putih agar tubuh Anda tetap terhdirasi.

(AN)

Translate »