Binte Biluhuta, Kenikmatan Kuliner Khas Gorontalo

Selamat hari libur, Scarf Lover. Kali ini Scarf Media akan mengajak Anda semua untuk berwisata kuliner ke daerah Gorontalo. Daerah yang satu ini menyimpan banyak sekali keunikan, terutama pada makanan tradisionalnya.

Salah satu yang akan dibahas adalah binte biluhuta. Tak hanya sekedar nama, namun binte biluhuta tentu ada arti tersendiri lho, Scarf Lover. Binte artinya jagung dan juga biluhuta yang artinya disiram. Jadi bisa disimpulkan bahwa binte biluhuta artinya jagung yang disiram. Orang Gorontalo juga biasa menyebut kuliner ini dengan nama milu siram.

Baca juga  10 Produk skincare yang mengandung kombucha
image: indonesiakaya.com

Biasanya, masyarakat Gorontalo menjadikan binte biluhuta ini sebagai menu sarapan.

Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini menggunakan jagung sebagai bahan utama. Selain itu ada pula tambahan lainnya seperti potongan ikan dan juga daun kemangi.

Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan cakalang, ikan tongkol atau tuna. Ikan yang nantinya akan dicampurkan ke dalam jagung sudah dimasak terlebih dahulu. Banyaknya rempah-rempah yang digunakan membuat makanan ini tidak akan tercium aroma amis.

Baca juga  5 Resep Olahan Pisang yang Simpel dan Enak

Rasanya pun unik, karena ada perpaduan manis, asin, gurih dan juga pedas yang tentu membuatnya menjadi sangat nikmat, terutama disantap saat masih panas dan ditambahkan perasan jeruk nipis.

Bila Anda rindu dengan bintu biluhuta, bisa juga lho untuk coba membuatnya di rumah karena sangat mudah. Tak perlu waktu lama, hidangan ini bisa segera disantap bersama dengan keluarga.

Scarf Lover pernah mencoba binte biluhuta? (AA)

Translate »