Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Hari ini merupakan hari besar dimana umat Islam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dimana hal tersebut merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Biasanya, di berbagai daerah banyak masyarakat yang selalu melakukan tradisi-tradisi khusus untuk merayakan Maulid. Namun mengingat saat ini masih berada dalam kondisi Covid-19, mungkin tidak banyak yang menggelarnya.

Meski demikian, Maulid Nabi Muhammad SAW masih bisa kita peringati sendiri dengan melakukan beberapa kegiatan yang dikenal sebagai sebuah amalan sunnah. Karena sebenarnya, dalam Maulid Nabi Muhammad SAW tidak ada amalan khusus.

Scarf Lover bisa melakukan beberapa amalan sunnah sebagai berikut.

1. Perbanyak Lantunan Salawat Nabi Muhammad SAW

Baca juga  5 Inspirasi Wisata di Lampung yang Instagrammable

Seluruh umat Islam bisa memperbanyak lantunan selawat Nabi. Dimana tentunya bertujuan untuk semakin pula mendekatkan diri pada Allah SWT.

Scarf Lover bisa melantunkan salawat setelah solat lima waktu dan juga bacaan lainnya, seperti salawat dan salam fi’l madhi, salawat dan salam fi’il amr, salawat Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS dan juga Salawat Nariyah.

2. Berpuasa

Scarf Lover juga bisa menunaikan puasa. Karena Nabi Muhammad SAW pun selalu menjalankan ibadah puasa sunnah Senin dan juga Kamis.

Pada suatu saat, Nabi Muhammad SAW ditanya mengapa ia berpuasa pada hari Senin? Kemudian ia berkata,

“Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan [Al-Qur’an] kepadaku)” (HR. Muslim).

Baca juga  Kumpulan Surah Al-Quran Untuk Memotivasi Diri

3. Bersedekah dan Berbuat Baik

Tentunya tak hanya di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW saja kita bersedekah dan juga melakukan hal-hal baik. Namun di hari baik ini, hendaknya kita meningkatkan hal-hal tersebut semakin mendekatkan diri kita pada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Berikut ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan oleh Scarf Lover di Maulid Nabi Muhammad SAW. Lakukan secara ikhlas seraya berdoa dan meminta untuk selalu didekatkan kepada-Nya dan juga berhara agar kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti. (AA)

Translate »