Tips Rawat Kulit Wajah Saat Menggunakan Masker

Di masa pandemi COVID-19, melaksanakan protokol kesehatan saat keluar rumah adalah hal yang wajib dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan masker.

Masker yang dapat digunakan bermacam-macam, mulai dari masker medis hingga masker kain.

Tetapi penggunaan masker dalam jangka waktu panjang terkadang dapat menyebabkan beberapa masalah pada kulit, seperti lecet, kemerahan, iritasi, jerawat, bahkan breakout.

Dirangkum dari beautylish.com, berikut tips untuk merawat kulit wajah Anda saat menggunakan masker wajah.

1. Pilih Masker Berbahan Katun

image: unsplash

Kalau Anda bukan seorang tenaga medis, Anda dapat menggunakan masker wajah berbahan kain katun. Dengan teksturnya yang lembut, dapat mengurangi resiko terjadinya gesekan yang kasar pada kulit wajah Anda.

Baca juga  Jenis dan Kegunaan Beauty Spons, Sudah Tahu Belum?

2. Sering Mencuci Wajah dan Masker

image: freepik

Saat menggunakan masker, keringat, kotoran, dan minyak pasti akan menumpuk pada wajah Anda. Untuk itu, Anda harus selalu mencuci muka sebelum dan sesudah menggunakan masker. Selain itu, mencuci masker setelah digunakan juga wajib, yah!

3. Lindungi Kulit dari Gesekan

image: unsplash

Jika masker yang Anda gunakan membuat gesekan sehingga menyebabkan lecet di beberapa bagian wajah, Anda bisa gunakan krim sebelum dan sesudah menggunakan masker pada bagian yang terkena gesekan.

Baca juga  Mau hidung Anda Mulus Tanpa Komedo? Pakai Skincare ini

4. Minimalkan Penggunaan Makeup

image: unsplash

Penggunaan masker dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah Anda yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat hingga jerawat. Untuk itu, minimalkanlah penggunaan makeup saat sedang breakout yang dapat memperparah kondisi wajah Anda.

5. Atasi Breakout 

Saat sedang breakout, cara aman untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan bahan alami. Meskipun lama, tapi lebih aman digunakan. (AN)

Translate »