Tips Atasi GTM Pada Bayi

Pada saat anak Anda telah harus memasuki tahap MPASI, tak jarang biasanya justru anak mengalami masalah susah makan lho, Scarf Lover.

Biasanya anak akan memberikan kode dengan menutup tangannya di mulut, sehingga dikenal dengan nama GTM atau Gerakan Tutup Mulut.

image: irishtimes.com

Ternyata ini dia penyebab anak melakukan GTM dan cara mengatasinya seperti yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Cari Tahu Dulu Penyebab Anak Susah Makan

Pada saat anak mengalami GTM, jangan langsung dimarahi ya, Scarf Lover. Sebaliknya, cari tahu dulu penyebabnya. Saat memasuki tahap MPASI mungkin anak masih harus beradaptasi jadi memang harus bersabar ya.

2. Jangan Dipaksa, Bisa Jadi Masih Kenyang

Selain itu, jangan pula dipaksa hingga dibentak. Karena bisa jadi anak Anda masih kenyang sehabis makan sebelumnya. Justru jika Anda memaksanya untuk memberikan makan, dikhawatirkan anak akan jadi muntah.

Baca juga  Kongres Nasional HMHI: Road to a Better Hemophilia Care

3. Kreasikan Makanan Agar Anak Tertarik

Penyebab lain anak melakukan Gerakan Tutup Mulut adalah makanan yang dilihatnya kurang menarik. Anda bisa memanfaatkannya dengan mengkreasikan makanan agar terlihat lebih ceria dan menarik. Misalnya membentuk makan siang terlihat seperti wajah boneka yang dihias dengan lauk pauk atau lain sebagainya. Anak pasti suka!

4. Ada Masalah Pada Makanannya

Pernah kah Anda merasa pada suapan kesekian anak menjadi tak mau lagi? Ternyata ada dua penyebabnya lho, Scarf Lover. Bisa jadi karena mungkin ia sudah kenyang atau sebenarnya ada sesuatu yang mengganggu makannya. Misalnya ada duri ikan ukuran kecil, atau batu pada nasi. Anak jadi merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk tidak mau menghabiskan makannya.

Baca juga  6 Jenis Minuman Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

5. Ajak Anak Fokus Pada Makanan

Nonton tv dan bermain pasti sangat disukai oleh anak. Tapi sebaiknya kegiatan ini jangan sambil dilakukan pada saat makan ya, Scarf Lover. Karena saat anak makan sambil menonton tv atau bermain, justru anak menjadi tidak fokus pada makanan yang dihadapnya. Akhirnya anak jadi susah makan.

Saat anak mengalami susah makan dan melakukan GTM, harap bersabar ya Scarf Lover. Karena pasti anak memiliki hal yang belum bisa ia sampaikan secara langsung. Sebaliknya, sebagai orang tua, Anda harus bisa menganalisa sendiri apa yang menyebabkan anak Anda menjadi demikian. Jadi, jangan cepat marah ya! (AA)

Translate »