Sebanyak 72 Persen Pasien Telah Sembuh dari Virus Covid-19

Dalam siara pers yang digelar Sekretariat Kepresidenan pada senin kemarin, Juru Bicara Satuan Tugas covid-19, Reisa Broto Asmoro menyatakan jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh di Indonesia sejak Maret hingga saat ini telah mencapai lebih dari 180 ribu orang atau sekitar 72 persen pasien.

“Jumlah kesembuhan dalam satu hari pernah mencapai lebih dari 4.000 pasien. Total jumlah pasien sembuh sejak Maret 2020 hingga saat ini sudah lebih dari 180 ribu orang. Artinya lebih dari 72 persen pasien positif Covid-19 di Indonesia sembuh,” ujar Reisa saat konferensi pers di Kantor Presiden, Senin (21/9).

image: tangkapan layar youtube BNPB

Keberhasilan itu dilakukan mulai dari pemberian obat yang menekan infeksi virus di tubuh pasien, mempercepat masa penyembuhan, mengurangi risiko kematian, termasuk menguatkan imunitas tubuh pasien, baik melalui kombinasi obat yang optimal maupun asupan gizi yang seimbang.

Baca juga  Intip Gaya Regina Mustafa, Calon Senator Pertama Muslimah US

Reisa juga mengungkapkan pada pekan ketiga bulan september terdapat peningkatan jumlah kasus yang telah usai menjalani isolasi. Menurutnya, banyak pasien sembuh menunjukan terapi yang diterapkan tenaga medis di Indonesia berjalan dengan efektif.

Seperti penggunaan terapi plasma convalescent. Penjelasannya, yaitu terapi yang menggunakan plasma darah pasien yang telah sembuh. Plasma 55 persen, sel darah putih kurang dari 1 persen, dan sel darah merah 45 perse

Baca juga  Lebih Baik Makan Banyak Saat Sarapan, atau Makan Siang?

Rangkaian terapi dan pemakaian kombinasi obat serta suplemen yang direkomendasikan. Selain itu pasien sembuh juga memberikan informasi lebih, tentang pemetaan genetik virus agar para peneliti dapat mengembangkan vaksin.

“Mari kita doakan agar semakin banyak kasus aktif atau pasien yang kini sedang dirawat, sembuh kembali,”ujarnya.

Meski demikian, angka pasien positif Covid-19 di Indonesia masih dibawah rata-rata kesembuhan global yang mencapai 73 persen.

Angka kematian pasien Covid-19 di Indonesia juga tergolong tinggi. Per Senin (21/9), angka kematian Covid-19 di Indonesia sebesar 3,8 persen. Angka tersebut masih di atas angka kematian dunia yang sebesar 3,08 persen.

(DA)

Translate »