Okayama, Wisata Ramah Muslim di Jepang

9

Saat liburan ke Jepang Scarf Lover jangan hanya ke Kyoto dan Osaka saja. Ada kota bernama Okayama yang kini ramah muslim yang wajib untuk dikunjungi saat Scarf Lover berada di Jepang.

Okayama merupakan ibukota dari Prefektur Okayama. Daerah ini berada di bawah Tokyo dan Osaka. Wilayah Okayama dihuni oleh sekitar 700 ribu jiwa penduduk. Okayama bisa ditempuh dari Tokyo dengan menggunakan pesawat, waktu tempuhnya sekitar 1 jam.

Kalau mau naik Kereta Shinkansen dari Osaka hanya memakan waktu sekitar 44 menit. Kota ini memiliki banyak kebun yang cantik untuk dipamerkan pada wisatawan.

Dikota ini juga terdapat bangunan bersejarah yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya, Kastil Okayama yang dikeliling Korakeun Garden yang katanya kebun tercantik di Jepang.

image: instagram.com/okayama_idn/

Tidak hanya keindahan tempatnya, di Okayama Anda akan disuguhkan kemudan bagi para turis muslim yang ingin menghabiskan waktu liburan di sana. Kota ini memiliki tanda pada setiap lokasi yang menandakan bahwa tempat tersebut muslim friendly.

image: instagram.com/okayama_idn/

Peach Mark I

Restoran yang memiliki Peach Mark I tidak menggunakan babi sebagai bahan makanannya, menu dengan bahasa Inggris, dan alat memasak tidak terpisah.

Hotel yang memiliki Peach Mark I menyediakan informasi dalam bahasa Inggris, serta sajadah & penanda kiblat di kamar.

Produk yang bertanda Peach Mark I tidak mengandung babi, berlabel “tidak mengandung daging babi”, dan informasi dalam bahasa Inggris.

Peach Mark II

Restoran yang memiliki Peach Mark II tidak menggunakan babi dan tidak mengandung alkohol di dalam makanannya, menu vegetarian, label kalori, daftar bahan makanan dalam bahasa Inggris, menu dalam bahasa Inggris, menu piktogram, alat memasak tidak terpisah, dan beberapa hidangan menggunakan daging halal.

Hotel yang memiliki Peach Mark II menyediakan informasi dalam bahasa Inggris, ruang sholat tersedia berdasarkan permintaan, tersedia sajadah dan kompas kiblat, rumah sakit terdekat yang menawarkan dukungan bahasa Inggris.

Produk dengan Peach Mark II memiliki bahan yang berasal dari tumbuhan, tidak mengandung hewan, tanpa label alkohol, dan informasi bahasa Inggris.

Tanda ini dibuat oleh Asosiasi Okayama Health Tourism untuk memudahkan para turis muslim untuk mendapatkan tempat halal untuk dikunjungi.

Fasilitas yang sudah mendapatakan sertifikat dari asosiasi termasuk yang sudah memperoleh sertifikasi halal menjamin makanan sudah disiapkan sesuai dengan aturan Islam. Asosiasi memberi logo peach warna pink dan kuning sebagai penandanya. Supaya memudahkan identifikasi oleh wisatawan muslim.

Tidak hanya di Okoyama, tanda ini juga ada di kota Maniwa dan Kota Kibichuo.

(DA)