Nusantara Fashion Festival 2020 Dilihat Lebih dari 1 Juta Penonton

Selama bulan Agustus 2020, Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 telah berhasil digelar dan disaksikan oleh jutaan pasang mata. Acara yang digelar sesuai inisiatif Kementerian BUMN melalui Bank BRI untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini telah disaksikan oleh 2.2.08.266 viewers dari seluruh penjuru Indonesia hingga mancanegara. Sebuah angka yang tidak kecil, apalagi mengingat saat ini kita semua tengah mengalami masa yang sulit.

Sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Menteri Kementerian BUMN, Erick Tohir mengatakan bahwa NUFF 2020 merupakan sebuah acara yang berkolaborasi dengan 300 desainer, UMKM dan juga penggiat fashion Indonesia untuk sekaligus memeriahkan HUT RI ke-75.

“Karya-karya anak bangsa memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Mari kita support hasil UMKM, fashion lokal dengan makin sering membeli barang-barang lokal. Bangga Buatan Indonesia!” ujar Erick Tohir.

Dengan adanya misi khusus dari acara ini yaitu memperkenalkan ragam karya Indonesia ke seluruh penjuru tanah air, bisa dikatakan bahwa acara ini snagat sukses untuk bisa selesai digelar. Terutama dengan melihat animo masyarakat yang begitu antusias untuk mengikuti pagelaran ini dan juga semakin meningkatkan apresiasi dari adanya produk lokal yang ada.

Baca juga  Malang Fashion Week Usung Tema Enigmatic Untuk Mendorong Kebangkitan Desainer

“Selama bulan Agustus saat NUFF 2020 berlangsung, kami mencatat telah terjadi transaksi dengan sales volume lebih dari Rp 89 miliar. Angka ini meningkat hampir 2 kali lipat dimana sales volume merchant offline dan online pada bulan sebelumnya atau sebelum event NUFF Rp 45,8 miliar. Tentunya hal ini memberikan dampak secara langsung bagi keberlangsungan bisnis UMKM sektor mode. NUFF 2020 mungkin telah berakhir, tapi kami percaya semangat masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk lokal akan terus berkembang,” jelas Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.”

Sebuah pagelaran yang dilaksanakan secara virtual lewat live streaming selama satu buoan penuh ini merupakan sebuah pengalaman baru bagi masyarakat. Apalagi NUFF 2020 juga mempersiapkan ruang diskusi yang membahas mengenai dunia mode bersmaa dengan para pembicara yang handal dibidangya.

Selain itu acara ini juga memperlihatkan karya rancangan busana dari 75 desainer dan UMKM mode tanah air. Tak hanya itu, ada pula kegiatan melelang karya yang dibuat oleh kolaborasi 20 seniman Bersama brand dan perancang mode yang bertujuan untuk membantu UMKM mode yang terdampak Covid-19.

Baca juga  Menampilkan Sustainable Trend Fashion 2020 – 2021 di 23 Fashion District 2019

“NUFF 2020 memaksimalkan ekosistem digital untuk menjadi wadah presentasi mode Indonesia. Kami menjadi penggerak bagi industri mode untuk kembali bangkit dan mempresentasikan karya mereka. Pada tanggal 16 – 31 Agustus 2020 NUFF 2020 juga menggelar Charity Auction. Melalui lelang virtual ini, kami berhasil mendapatkan dana sebesar Rp 100.586.000. Seluruh dana yang dikumpulkan diserahkan kepada Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), guna mendukung pengembangan UMKM mode di 5 daerah wisata di Indonesia.” ujar Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment.

Ben juga mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat yang sangat mengapresiasi festival mode virtual ini. Ia berharap bahwa kedepannya masyarakat Indonesia lebih mengenal karya-karya rancangan tanah air dan juga terus menerapkan semangat dan mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dengan terus membeli produk lokal karena tentunya kita akan bekontribusi demi pembangunan negara.

(AA)

Translate »