Apa Itu Triangle of Death Pada Wajah

Kebiasaan memegang atau bahkan memencet jerawat yang ada di wajah memang susah untuk dihilangkan. Selain bisa menimbulkan bekas kehitaman pada wajah, memecet jerawat juga memiliki risiko yang cukup fatal.

Triangle of death terletak pada pangkal dahi, hidung, dan dagu. Jika Anda punya jerawat yang besar dan bernanah di area triangle death, sangat tidak disarankan untuk memegang, memencet apalagi menusuk jerawat tersebut.

image: insider.com

Area ini terhubung melalui pembuluh darah ke area tengkorak di mana infeksi dapat menyebar dengan sangat cepat dan menjadi lebih serius. Jika kulit di dalam area ini rusak dari luka atau jerawat yang pecah, bakteri dapat masuk ke dalam tubuh Anda.

Baca juga  Masker Peeling Dari Bahan Alami Ini Membuat Kulit Wajah Glowing

Bakteri ini dapat dengan cepat masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan infeksi, dan karena letaknya yang dekat dengan bagian penting otak Anda, infeksi dapat menyebabkan komplikasi serius dengan cepat.

Tepat di bawah hidung dan mulut ada empat saraf kranial utama yang mengontrol fungsi di dalam dan di sekitar wajah.

Bergantung pada saraf mana yang terinfeksi, Anda dapat mengalami kelumpuhan di beberapa bagian wajah Anda, termasuk kelopak mata dan mulut, dan fungsi motorik juga dapat terganggu. Kehilangan penglihatan juga bisa terjadi.

Suatu kondisi yang disebut trombosis sinus kavernosus dapat berkembang di rongga sinus akibat infeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan penggumpalan darah, yang meningkatkan kemungkinan terjadinya stroke dan kematian.

Baca juga  Punya Tas Berbahan Suede, Ini Cara Membersihkannya

Kulit di sekitar wajah Anda, dan terutama di segitiga kematian, adalah garis pertahanan pertama melawan bakteri yang menyerang. Mulut dan hidung Anda penuh dengan bakteri, tetapi tubuh Anda dirancang untuk melindunginya. Jika Anda mematahkan penghalang itu, saat itulah segalanya bisa berubah mematikan.

Jika jerawat terlihat atau terasa berbeda, biarkan saja, dan amati. Cari perawatan medis jika Anda tidak yakin.

Untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi Anda disarankan untuk tidak mengorek hidung, mencabut bulu hidung, memencet jerawat, dan menggunakan teknik steril jika Anda menindik hidung. Cuci kuas makeup secara teratur, dan hindari tangan menyentuh wajah. Gunakan tisu untuk membersihkan hidung. (DA)

Translate »