Manfaat Traveling untuk Kesehatan Mental

91

Traveling banyak menjadi pilihan orang-orang saat menikmati liburan. Traveling dapat dilakukan sendiri, bersama dengan keluarga atau teman. Destinasi yang dituju pun bermacam-macam, mulai dari gunung, pantai, hingga tempat wisata.

Selain menyenangkan, ternyata traveling juga mempunyai segudang manfaat lainnya, loh, salah satunya untuk kesehatan mental. Mengutip Forbes, berikut manfaat traveling yang dapat Anda rasakan untuk kesehatan mental.

1. Menghilangkan Stress

image: freepik.com

Karena banyaknya tuntutan pekerjaan setiap hari, terkadang membuat kita menjadi stress. Dengan melakukan traveling, kadar kortisol dalam diri Anda akan berkurang sehingga Anda dapat merasa lebih bahagia serta membuat pikiran Anda lebih tenang dan merasa puas.

2. Menemukan Diri yang Baru

image: pexels

Mengunjungi tempat yang baru, dapat memperluas perspektif dan membuat Anda lebih terbuka terhadap hal-hal baru. Selain itu, selama melakukan perjalanan, biasanya membuat Anda mengevaluasi dan menemukan kembali diri Anda.

3. Meningkatkan Kebahagiaan dan Kepuasan

sumber: Instagram @muslimtravelgirl

Dengan melakukan traveling, dapat memberi jeda kepada diri Anda untuk menjauh dari kesibukan sehari-hari. Selain itu, pengalaman baru yang Anda dapat akan memulihkan pikiran Anda dan meningkatkan suasana hati serta kepercayaan diri.

4. Membuat Mental Menjadi Tangguh

image: pexels

Selama traveling, biasanya akan menghadapi kesulitan dan tantangan baru, yang memaksa Anda untuk belajar dan beradaptasi di luar zona nyaman Anda. Semakin baik mengatasinya, akan membuat Anda lebih tangguh baik secara mental dan emosional.

5. Meningkatkan Kreativitas

Di tempat baru, biasanya Anda akan terlibat dengan budaya baru di lingkungan yang Anda kunjungi. Dengan begitu, dapat lebih membuka pikiran Anda dan meningkatkan kreativitas.