Manfaat Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui

Bagi Scarf Lover yang baru saja mempunyai bayi, proses menyusui adalah hal yang sangat challenging.

Pada minggu-minggu atau bulan-bulan awal kegiatan menyusui tidak selalu berjalan dengan lancar. Ada kalanya Anda memiliki masalah, misalnya ASI tersumbat pada saat ingin menyusui, mengalami bengkak pada area payudara, dan juga masalah suplai ASI (bisa terlalu banyak ataupun terlalu sedikit).

Permasalahan tersebut bisa dikatakan hal yang biasa dialami oleh ibu menyusui. Namun ada satu tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, yakni dengan melakukan pijak laktasi.

image: pixabay

Seperti yang dilansir dari laman parents.com, Pijat laktasi memang mirip dengan pijat pada umumnya. Pijat laktasi menggunakan Teknik pijat dasar selama menyusui untuk menjaga ASI agar bisa mengalir dengan sempurna.

Baca juga  Mengenal Intermittent Fasting yang Mampu Turunkan Berat Badan

Tentunya pijat yang satu ini tidak perlu dilakukan oleh semua ibu ya, Scarf Lover. Hanya dilakukan untuk ibu yang mengalami masalah saat menyusui.

Menurut dr. Natasha Chinn, sebagai seorang dokter obgyn di New Jersey mengataakan bahwa memijat saluran yang tersumbat pada payudara yang mengeras dapat menghilangkan rasa sakit dan membantu melonggarkan penyumbatan dengan memecah ASI di area payudara yang terkena.

Bagaimanakah cara melakukan pihat laktasi?

Jika Anda bisa melakukan pijat laktasi sendiri di rumah, boleh lho dilakukan sendiri, Scarf Lover. Akan tetapi tetap ada yang harus diperhatikan. Untuk saluran yang tersumbat, Anda bisa memijat area payudara yang tersumbat. Lalu bergerak melintasi saluran tersebut menuju putting susu.

Baca juga  4 Cara Mengajak Anak Ikut Andil Atasi Perubahan Iklim

Untuk meningkatkan suplai ASI saat Anda memompa, gunakan kedua tangan Anda. Lalu pijat ke bawah pada area puting jika memungkinkan.

Saat melakukan pijat laktasi, buat diri Anda merasa nyaman, tidak boleh meninggalkan rasa sakit ataupun bekas setelahnya. Usahakan untuk selalu memijatnya dengan lembut, karena apabila terlalu keras dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan jaringan pada area tersebut. (AA)

Translate »