Manfaat Memasak Menggunakan Air Fryer

5

Air Fryer adalah peralatan masak yang digunakan untuk menggoreng bahan makanan tanpa menggunakan minyak.

Air Fryer bekerja dengan sistem sirkulasi udara panas didalam perangkat hingga 200 derajat celcius untuk menghasilkan tekstur makanan yang lebih renyah. Menggorengan dengan alat ini setidaknya hanya membutuhkan 1 sendok makan atau tidak sama sekali tergantung jenis makanannya. Minyak yang digunakan dalam proses memasak akan dikeluarkan dan tersaring ke dasar wadah.

image: foreignpolicyi.org

Alat ini digadang-gadang bisa menjadi alternatif mengkonsumsi masakan dengan cara digoreng namun lebih sehat karena kandungan kalori dan lemaknya yang lebih rendak.

Bagi Scarf Lover yang sedang mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, alat ini bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Inilah manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggoreng menggunakan Air Fryer.

image: afireinc.com

1. Dapat Memotong Kandungan Lemak

Makanan yang digoreng pada umumnya mengandung lemak yang lebih tinggi dibanding dengan metode memasak lainnya. Misalnya, dada ayam yang telah digoreng mengandung sekitar 30% lebih banyak lemak daripada ayam panggang dalam jumlah yang sama. Dengan menggunakan Air Fryer kandungan minyak yang terdapat dalam makanan yang digoreng dapat berkurang hingga 75%.

Ini karena Air Fryer hanya membutuhkan lebih sedikit lemak daripada penggorengan tradisional. Beralih mengguanakan dengan menggunakan air fryer dapat mengurangi asupan minyak tidak sehat karena menggunakan Aif Fryer dapat secara signifikan mengurangi kandungan lemak keseluruhan makanan Anda.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan yang digoreng tidak hanya lebih tinggi lemaknya, tetapi juga lebih tinggi kalori dan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Karena rendah lemak, makanan yang digoreng dengan air fryer juga rendah kalori. Oleh karena itu, memasak dengan alat ini dapat membantu menurunkan berat badan, khususnya bagi orang yang sedang menjalani hidup sehat.

3. Mengurangi Senyawa Berbahaya

Selain lebih tinggi lemak dan kalori, menggoreng makanan bisa menciptakan senyawa yang berpotensi berbahaya seperti akrilamida. Akrilamida adalah senyawa yang terbentuk dalam makanan kaya karbohidrat selama metode memasak dengan panas tinggi seperti menggoreng. Menggoreng makanan dengan Air Fryer dibanding menggunakan penggorengan dapat membantu menurunkan kandungan akrilamida pada makanan yang digoreng. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa menggoreng udara mengurangi akrilamida hingga 90% dibandingkan dengan menggoreng tradisional.

4. Mengurangi Penyakit Akibat Mengkonsumsi Gorengan

Memasak dengan minyak dan sering mengonsumsi makanan yang digoreng dengan cara konvensional berhubungan dengan banyak masalah kesehatan. Dengan mengganti cara menggoreng dengan minyak ke air fryer, tentunya kamu bisa mengurangi risiko kemunculan penyakit beserta komplikasinya.

Menurut sebuah penelitian dilakukan oleh Department of Nutrition di Harvard School of Public Health, konsumsi makanan yang digoreng setidaknya seminggu sekali bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Risiko akan meningkat bila jumlah gorengan yang dimakan makin banyak.

5. Lebih Ramah Lingkungan

Memasak dengan air fryer dianggap lebih ramah lingkungan karena minyak yang dibutuhkan lebih sedikit, sehingga tidak menghasilkan limbah minyak bekas seperti teknik menggoreng biasa.

Apakah Scarf Lover segera beralih? (DA)