Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kacang hijau menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Cara mengonsumsi kacang hijau dapat bermacam-macam, seperti dijadikan bubur, minuman, es, dan lain-lain. Tidak hanya enak, ternyata kacang hijau juga memiliki manfaat yang baik, loh, apalagi untuk ibu hamil. Apa saja ya?

image: pixabay

Mengutip acara Dokter Oz Indonesia, berikut manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

1. Mengandung Lemak Tidak Jenuh

Karena mengandung lemak tidak jenuh, membuat kadar kalori dari kacang hijau tidak terlalu tingi sehingga baik untuk kesehatan.

2. Sumber Protein Nabati

Baca juga  Pengadilan Tinggi Prancis Larang Pakai Burkini

Sebagai ibu hamil, protein sangat diperlukan. Karena protein sangat baik untuk pertumbuhan bayi termasuk pertumbuhan rambut.

3. Tambahan Karbohidrat

Jika ingin mengambil manfaat sebagai tambahan karbohidrat, Anda dapat mengkonsumsi tidak hanya sarinya tetapi hingga kacang hijaunya harus dimakan.

4. Tinggi Kalsium dan Fosfor

Fosfor dibutuhkan saat masa kehamilan untuk tumbuh kembang janin, sedangkan kalsium berfungsi untuk perkembangan tulang.

Selain itu, cara mengkonsumsi kacang hijau paling baik adalah dengan direbus. Air rebusan kacang hijau kaya akan zat besi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi kacang hijau dengan membuatnya menjadi bubur, es, atau minuman tidak dianjurkan karena biasanya akan menggunakan tambahan gula yang dapat menambah kalori. Sehingga kurang baik untuk ibu hamil.

Baca juga  Sayur Lodeh Bantu Turunkan Stunting Anak, Benarkah?

Cara membuat air rebusan kacang hijau cukup mudah. Cukup bersihkan kacang hijau terlebih dahulu, kemudian rebus selama 30 menit sampai kandungan kacang hijau meresap. Setelah 30 menit, kemudian saring airnya. Untuk hasil yang lebih nikmat, Anda dapat memasukannya terlebih dahulu ke dalam kulkas. Anda dapat mengkosumsi air rebusan kacang hijau ini satu gelas setiap harinya.

(AN)

Translate »