Magnifique Indonesia dan Yayasan Dian Sastowardoyo Hadirkan Webinar Gratis untuk Daerah Terpencil di Indonesia

9

Melihat keadaan yang tengah sulit akibat pandemi Covid-19 seperti saat ini membuat semuanya terpaksa berubah, termasuk kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan tatap muka di sekolah atau kampus, sekarang terpaksa harus dilakukan secara daring di rumah masing-masing.

Namun sayangnya, tak semua orang mendapatkan akses yang sama untuk menerima pembalajran secara daring dengan baik, terutama bagi mereka yang tiggal di daerah pedalaman.

Keterbatasan ini yang membuat sebagian pelajar atau mahasiswa tidak mendapat kesempatan yang sama untuk membekali diri dengan kegiatan yang menginspirasi seperti webinar, untuk kemudian maju ke jenjang kehidupan berikutnya yang lebih baik.

Hal ini lah yang membuat Magnifique Indonesia dan juga Yayasan Dian Sastrowardoyo menggelar sebuah webinar gratis selama pandemi bagi para pelajar dan mahasiswa yang kurang mampu dan daerah yang kurang terfasilitasi.

Sebagai salah satu pelaku industri yang kerap menerima tenaga kerja fresh graduate, Arifaldi Dasril selaku Managing Partner Magnifique Indonesia mengatakan bahwa Magnifique Indonesia telah bekerja sama dengan para lulusan universitas dengan kualitas prima yang selalu membekali diri dengan berbagai macam seminar dan workshop.

image: magnifique indonesia

“Terbesit pertanyaan, bagaimana jika selama era pandemi ini kegiatan tersebut menjadi sangat terbatas, sementara mereka masih memiliki kebutuhan untuk terus membekali diri dengan berbagai bakat dan ilmu,” ujar Arifaldi.

Dian Sastrowardoyo selaku pendiri Yayasan Dian Sastrowardoyo mengungkapkan bahwa ia sangat yakin untuk terus berkomitmen dan berperan aktif untuk memajukan pendidikan di Indonesia, di mana pendidikan merupakan salah satu dari tiga pilar utama yayasan, selain pemberdayaan perempuan dan dukungan terhadap budaya Indonesia.

image: magnifique indonesia

“Situasi pandemi ini memunculkan pertanyaan apa yang bisa kami lakukan agar para pelajar dan mahasiswa, khususnya di daerah yang kurang terjangkau, tetap terdidik dan dapat membekali diri dengan baik? Dari sinilah muncul ide untuk menjalankan webinar gratis ke berbagai kampus dan sekolah dengan menggandeng para pembicara yang memiliki keahlian di bidangnya,” ujar Dian.

Magnifique Indonesia dan Yayasan Dian Satrowardoyo menggelar sebuah webinar gratis yang diberi nama M-Class. Dimana kegiatan ini dilakukan setiap bulan di kampus dan sekolah yang berbeda lewat aplikasi Zoom selama 90-120 menit.

Kegiatan M-Class ini nantinya akan menghadirkan para pembicara yang berbeda dari tiap bidang ilmu dan juga akan menampilkan tema yang berbeda sesuai jurusan kampus yang dituju.

Adapun topik-topik yang diangkap antara lain adalah industry film, kewirausaan, digital, fashion, broadcasting, jurnalisme, kehumasan, komunikasi, kesehatan, dan lain sebagainya.

Nantinya, para peserta juga akan dibekali kuota data tambahan untuk mengikuti kegiatan ini.

Dian Sastrowardoyo mengatakan bahwa kegiatan ini mengusung semangat untuk berbagi ilmu dengan para pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan.

“Kami juga membuka diri untuk bekerja sama dengan para pihak agar kegiatan semacam ini bisa terus berlangsung dan menjangkau daerah yang lebih luas lagi,” tutur Dian.

Mulai hari Jumat, 18 September 2020 kegiatan M-Class akan mulai dilakukan pada pukul 13.00 WIB dengan menghadirkan Dian Sastrowardoyo sebagai pembicara yang akan menyajikan tema industri film Indoensia yang dihadiri oleh para mahasiswa/i di berbagai Universitas Jayapura, para pelajar anggota klub film Papua dan komunitas film Papua.

Arifaldi berharap agar kegiatan ini dapat sering dilakukan dan bisa menjangkau kampus atau sekolah yang tidak mendapatkan akses seminar. Dirinya juga berujar bahwa mereka membuka kesempatan untuk sekolah dan kampus yang ingin dikunjungi secara daring lewat webinar dengan cara menghubungi hello@magnifique.co.id. (AA)