Kolaborasi Bisnis Fashion Pada Era New Normal

34
image: webinar maybank syariah

Bicara soal fashion tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada sebuah dampak akibat adanya covid-19. Karena memang benar adanya. Para pegiat bisnis fashion saat ini sangat merasakan betul dampak yang diakibatkan bahwa saat ini pendapatan sebagian masyarakat menurun dan justru meminimalkan pengeluaran untuk membeli produk fashion terbaru.

Melihat adanya hal ini, Customer Experience Maybank Indonesia yang telah bekerjasama dengan Unit Syariah Maybank Indonesia mengadakan sebuah kegiatan webinar yang memiliki tema yakni membangun networking dan kolaborasi untuk memperluas bisnis yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mendekatkan Maybank dengan berbagai komunitas yang ada di masyarakat pada Kamis lalu, 10 September 2020.

Romy Buchari selaku Head Syariah Banking Maybank Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi komunitas yang ingin memulai usaha fashion dengan mengundang ekspertis di bidang bisnis fashion.

“Webinar ini menjadi platform untuk bersilaturahmi, kemudian berkolaborasi dan membangun networking bisnis bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis di bidang fashion,” ujar Romy.

Terdapat tiga ornag pebisnis yang ikut dalam kegiatan webinar ini, yaitu Brand Vice President of Elcorps, Tika Latifani Mulya, Owner Ilham Bahari Songket, Muhammad Bilal, dan Owner Aneuku Gallery, Neng Ane Husnu Diniah.

Tika Latifani Mulya sebagai seorang Brand Vice President of Elcorps  mengungkapkan bahwa memanfaatkan sebuah daring untuk meningkatkan penjualan ada hal yang sangat baik untuk dilakukan terutama pada saat pandemi seperti saat ini. Awal munculnya pandemi Covid-19 pun, Tika sempat terkejut dalam menghadapinya, padahal perusahaannya telah memproduksi stok sejak Oktober 2019.

“Pada dasarnya sudah punya stok hingga Juni dan tidak bisa jualan,” ujarnya.

Namun ia merasa beruntung bahwa Elcorps telah membangun sebuah system penjualan omni channel yang telah direncanakan dari pertengahan tahun 2019, sehingga akan memungkinkan konsumen untuk dapat belanja secara daring.

Lain halnya dengan Muhammad Bilal pemilik Ilham Bahari Songket, dengan latar belakang keilmuannya yakni sarjana teknik kimia tidak linear dengan bisnis yang ditekuninya saat ini. Dia mengkreasikan songket pada pakaian pria meskipun pangsa pasar pakaian pria cukup terbatas.  “Songket kebanyakan hanya untuk kaum hawa. Mulanya mencoba kreasikan songket untuk pakaian pria,” katanya. Dia meyakini dengan memahami segmentasi pasar dan mengikuti tren fashion pria yang tengah berkembang bisa mendapatkan hati konsumen.

Sementara itu, ada satu hal menarik yang diungkapkan oleh Owner Aneuku Gallery yakni Neng Ane Husnu Diniah mengenai trik untuk bertahan di dalam penjualan daring atau online, yakni dengan mengoptimalkan reseller. “Di kondisi ini bisnis saya dibantu reseller kecil. Kami maintain resseller lewat WA dan situs resmi. Tim saya selalu berhubungan secara rutin dengan reseller. Ini bentuk dukung penjualan dan kami juga tidak sungkan untuk membantu mempromosikan reseller.” ujar Ane.

Dengan adanya keadaan seperti sekarang, Maybank hadir di tengah komunitas penggiat usaha untuk menjawab segala kegundahan hati dan permintaan seperti akses networking yaitu kolaborasi antar komunitas dengan pengembangan jaringan maupun individu anggota komunitas.

Layanan dan produk perbankan dengan benefit khusus komunitas dan anggota ditawarkan khusus seperti Maybank Tabungan Syariah  yang bisa dibuka online melalui M2U ID App. Selain itu ada pula kelebihan-kelebihan menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna, seperti bebas Biaya Transasksi, Bebas Biaya Transfer dan Ekstra Perlindungan Asuransi Syariah untuk Jiwa atau Personal Accident serta keleluasaan transaksi komunitas dengan fasilitas Virtual Account dan Maybank QRIS.

Komunitas dapat berupa lembaga/Perusahaan/Organisasi/ Perkumpulan yang memiliki AD/ART atau kepengurusan, seperti : Kelompok Bimbingan Haji, Komunitas Keagamaan, Komunitas Alumni, Komunitas Hobby, Ikatan Profesi, komunitas kegiatan social, komunitas Lifestyle. Dengan keanggotaan minimum hanya 10 orang. Mudah kan, Scarf Lover?

Bila tertarik, komunitas dapat mengakses fasilitas tersebut dengan cara menghubungi cabang Maybank terdekat.

(AA)