Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 200 Ribu

Sudah memasuki bulan ke enam Indonesia menghadapi wabah virus Covid-19. Kini, kabar mengejutkan bikin rakyat Indonesia wajib mawas diri.

Pasalnya, dikutip Zonajakarta.com dari PMJNews, pemerintah RI melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan jumlah kasus pasien positif Covid-19 hingga Selasa (8/9/2020) bertambah 3.046 kasus. Sehingga total keseluruhan sebanyak 200.035 orang positif Covid-19.

Terkait dengan hal ini, Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengajukan tiga saran untuk mengendalikan penambahan jumlah kasus baru Covid-19.

Wakil Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan saran pertama, yakni pemerintah harus melakukan upaya pencegahan Covid-19. Ia meminta pemerintah lebih aktif memberikan edukasi mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga  Hebat, Siswi MAN 4 Jakarta Ini Diterima 6 Universitas Luar Negeri Sekaligus!

“Peningkatan kasus Covid-19 di masyarakat semakin tinggi. Karena itu, upaya-upaya pemerintah melakukan pencegahan yaitu sosialisasi untuk mematuhi protokol kesehatan harus dilakukan dengan lebih gencar dan tegas,” ujarnya mengutip laman Republika.co.id.

Selanjutnya, ia menjelaskan pemerintah turut menjaga aktifitas masyarakat yang bisa menambah kasus baru seperti berkumpul dan berkerumun. Pemerintah juga diminta untuk mengelola dan memperbaiki tata ruang perkantoran untuk mengurangin penyebaran virus di perkantoran.

Terakhir, ia meminta pemerintah mempersiapkan faskes rumah sakit (RS) utamanya RS rujukan khusus Covid-19 karena akan muncul potensi eskalasi pasien yang bertambah, khususnya di DKI Jakarta. “Mempersiapkan faskes bukan hanya menambah kamar melainkan juga sarana prasarana di rumah sakit, sumber daya manusia (SDM) karena jangan sampai kondisi eskalasi pasien berdampak pada beban kerja tenaga medis dan tenaga kesehatan yang semakin berat,” ujarnya.

Baca juga  Nikmati Diskon dan Bekerja dari Hotel Yuk!

Diketahui sebelumnya, beberapa minggu terakhir penambahan kasus baru Covid-19 mencapai anggka 3000-an orang dalam sehari menjadi hal yang biasa dalam sepekan terakhir. Total, sudah delapan kali angka penambahan kasus nasional tembus angka 3.000.

Sementara untuk kasus sembuh, hari ini tercatat ada 2.306 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Selain itu, dilaporkan ada penambahan 100 pasien yang meninggal dunia dengan konfirmasi positif Covid-19. (DA)

Translate »