Kandungan Skincare yang Aman untuk Mencerahkan

Ada banyak sekali faktor yang membuat wajah jadi terlihat kusam, misalnya jarang membersihkan wajah dan jarang sekali melakukan eksfoliasi sehingga sel kulit mati bertumpuk pada kulit. Wajah yang kusam tentu dapat mempengaruhi kepercayaan diri Anda, yang akhirnya terpaksa ditutupi dengan bantuan makeup yang cukup tebal.

Daripada dipaksa untuk ditutupi dengan makeup, lebih baik dirawat dengan menggunakan produk skincare yang tentunya memiliki kandungan pencerah di dalamnya. Namun jangan asal memilih produk atau kandungannya ya, selalu ingat untuk menggunakan produk yang dijamin keamanannya.

image: pexels

Berikut adalah kandungan skincare yang aman digunakan untuk mencerahkan kulit wajah.

1. Alpha Arbutin

Alpha Arbutin dikenal sejak lama karena kemampuannya yang bisa meratakan warna kulit serta mencerahkannya. Selain itu, bisa dikatakan bahwa Alpha Arbutin sangat minim iritasi disbanding dengan kandungan pencerah lainnya, karena bisa digabung dengan produk atau kandungan lain tanpa menyebabkan iritasi. Kandungan ini tinggi antioksidan dan juga dapat membantu memperlambat penuaan. Cocok untuk Anda yang sedang mencari produk skincare dengan kandungan yang dapat mencerahkan, karena Alpha Arbutin sangat mudah untuk digunakan.

2. Vitamin C

Kandungan yang satu ini pasti sudah banyak orang tahu, termasuk Anda kan, Scarf Lover? Sejak lama orang mempercayakan kandungan Vitamin C pada produk skincare untuk bantu mencerahkan wajah. Karena sifatnya yang mencerahkan wajah, Vitamin C juga bisa bantu pudarkan dark spot dan juga bekas-bekas jerawat. Vitamin C yang kaya antoksidan dapat bantu melawan radikal bebas serta meningkatkan produksi kolagen. Saat menggunakan Vitamin C, jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen di siang hari ya, Scarf Lover. Karena kandungan ini bisa dikatakan cukup sensitif terhadap matahari.

Baca juga  Beberapa Cara Memanfaatkan Timun Untuk Kulit

3. Niacinamide

Bicara soal Niacinamide, pasti Anda sudah taka sing lagi bukan? pasalnya kandungan ini tengah ramai digunakan pada produk skincare. Niacinamide atau Vitamin B3 memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mecerahkan wajah. Tak hanya itu, kandungan Niacinamide juga bsa bantu meminimalisir tampialn pori, menyeimbangkan kadar sebum serta hilangkan noda-noda pada wajah seperti halnya hiperpigmentasi. niacinamide bekerja dengan menghentikan transfer pigmen pada tingkat sel dan secara efektif mengurangi jumlah melanin yang ditransfer ke area terkonsentrasi. Hal ini lah yang bisa bantu mencegah noda hitam semakin buruk.

image: pexels

4. Azelaic Acid

Kandungan ini dikenal sebagai salah satu bagian dari AHA atau Alpha Hydroxy Acid. Azelaic Acid berasal dari biji-bijian dan juga gandum yang bekerja dengan cara eksfoliasi kulit Anda, namun dengan cara yang gentle, tidak seperti produk eksfoliasi lainnya. Selain dapat mencerahkan, kandungan ini dapat memperbaiki tekstur kulit dan bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi dan melasma karena mengurangi produksi melanin. Azelaic Acid juga dapat meminimalisir kemerahan akibat jerawat yang meradang karena sifatnya yang anti-inflamasi. Pada kebanyakan produk atau kandungan yang sifatnya eksfoliasi, akan lebih baik untuk digunakan pada malam hari agar meminimalisir untuk mengalami iritasi karena berpapasan di tengah sinar matahari, mengingat sifatnya yang cukup sensitif.

5. Retinol

Selanjutnya ada Retinol atau yang lebih dikenal dengana Vitamin A. Kandungan ini bisa dikatakan sangat multifungsi. Karena bisa meratakan tekstur kulit, anti aging,  menghaluskan kulit, megatasi jerawat dan komedo, mencerahkan dan juga meratakan warna kulit karena sifatnya sebagai sebuah eksfoliasi. Ada berbagai macam kandungan Retinol, namun bagi Anda yang ingin coba memulai, bisa menggunakan presentase yang lebih rendah karena minim iritasi. Kandungan ini juga baru bisa dipakai oleh Anda yang berusia 20 tahun ke atas karena kandungan ini bisa dikatakan cukup keras dan potent mesti presentasenya kecil. Retinol disarankan untuk digunakan pada malam hari karena sangat sensitif pada sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit terasa terbakar. Selain itu, jangan digunakan setiap hari ya, Scarf Lover. Walau memang kondisi kulit tiap orang berbeda, tentu harus disesuaikan saja terlebih dahulu.

Baca juga  Inilah, Rahasia Perawatan Kulit Glowing ala Orang Korea, Sederhana Banget! (Bagian 2 - Habis)

6. Licorice

Kandungan lain yang tidak boleh dilupakan saat sedang membahas bahan pencerah adalah Licorice. Licorice sendiri berasal dari akar manis yang juga digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan herbal lho, Scarf Lover. Kandungan ini memiliki manfaat yang cukup beragam, mislanya seperti membantu kurangi peradangan serta tentunya mencerahkan wajah secara alami. Licorice juga bisa meredakan kemerahan pada wajah akibat iritasi dan peradangan. Wah, multifungsi ya, Scarf Lover?

Semua kandungan di atas tentunya dapat ditemukan pada produk skincare apapun, dari mulai serum, toner, cream atau bahkan sunscreen. Selain itu, karena mengingat tiap kulit wajah memiliki tingkat sensifitas yang berbeda, jadi tak semua bisa cocok untuk digunakan. Tentunya butuh trial and error dalam memilih produk pencerah yang tepat dan minim iritasi. Selalu gunakan sunscreen saat siang hari untuk terus melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. (AA)

Translate »