Ini Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Bayam Merah

11

Scarf Lover suka sayur?

Bagi sebagian orang mengonsumsi sayur adalah sebuah hal yang menyebalkan karena rasanya yang menurutnya kurang lezat. Tapi ada pula yang menjadikan sayur sebagai makanan favoritnya.

Padahal sayur memiliki banyak sekali manfaatnya lho, Scarf Lover!

Jika Anda kurang konsumsi sayur, tentu akan menyebabkan masalah pada tubuh, salah satunya yang paling ditemui adalah mengalami masalah pada pencernaan.

Bila Anda tidak ingin masalah tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya tingkatkan konsumi buah dan sayur ya. Salah satu yang harus Anda coba adalah bayam merah. Memiliki warna yang unik, bayam merah memiliki banyak manfaat yang mungkin saja belum ada ketahui sebelumnya.

image: secretindianrecipe.com

Apa saja manfaatnya? Melansir boldsky.com, Scarf Media akan berikan ulasannya untuk Anda.

1. Meningkatkan Pencernaan

Tingginya kandungan serat pada bayam merah sangat membantu sistem pencernaan agar lebih baik. Karena serat memang sangat dikenal baik untuk mengatasi pergerakan usus besar. Hal itu lah yang akan membantu Anda untuk meredakan sembelit, mencegah kanker usus besar, diabetes dan juga kolesterol.

2. Mengobati Kanker

Manfaat selanjutnya adalah bayam merah dapat bantu mengobati kanker. Hal tersebut dikarenakan bayam merah mengandung asam amino, zat besi, fosfor, vitamin E, kalium, vitamin C, dan magnesium yang bekerja sama untuk membasmi pertumbuhan sel kanker. Adapun tingginya antioksidan juga sangat berperan penting dalam mencegah timbulnya kanker.

3. Bantu Turunkan Berat Badan

Kandungan protein dalam bayam merah dapat membantu mengurangi kadar insulin dalam darah, dimana protein dapat melepaskan hormon yang bertindak untuk menurunkan rasa lapar.

4. Mengatasi Anemia

Bayam merah juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang artinya sangat bermanfaat untuk perkembangan aliran darah di butuh Anda. Sehingga pada saat Anda mengonsuminya secara teratur akan meningkatkan hemoglobin dan membersihkan darah Anda sehingga meningkatkan aliran darah secara lebih baik.

5. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Selain itu bayam merah juga ampuh untuk meningkatkan fungsi ginjal karena manfaat dari tingginya serat. Konsumsi lah secara teratur karena akan dapat membuang racun jahat pada tubuh Anda.

6. Menyembuhkan Disentri

Scarf Lover pernah mengalami disentri? Bayam merah bisa bantu menyembuhkannya lho. Mengapa? Karena serat yang larut dalam sayuran dapat membantu membersihkan saluran pencernaan. Antosianin dalam bayam merah membantu menghilangkan bakteri penyebab disentri, termasuk pada batangnya sendiri.

7. Mengatasi Masalah Asma

Kandungan beta-karoten pada bayam merah dapat memberikan manfaat bagi Anda penderima asma karena dapat membantu mengatasinya. Beta-karoten dapat meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan juga membersihkan semua di saluran bronkial.

8. Meningkatkan Fungsi Tulang

Terakhir adalah manfaat Vitamin K yang bisa berfungsi untuk meningkatkan fungsi tulang Anda jika dikonsumsi secara teratur. Scarf Lover jangan pernah melupakan jenis vitamin yang satu ini ya. Karena pada saat Anda kekurangan Vitamin K dalam makanan, lama kelamaan akan menyebabkan osteoporosis. Bayam merah ini lah yang dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan protein matriks tulang.

(AA)