Apa Itu Stretch Mark dan Bagaimana Cara Mengatasinya

253

Strech mark atau selulit merupakan kondisi dimana kulit memiliki tampilan seperti gelombang atau memiliki terkstur seperti kulit jeruk. Saat disentuh dengan jari, akan terasa sedikit tonjolan atau lekukan pada kulit Anda. Terkadang, stretch mark terasa gatal atau perih.

image: medicalnewstoday.com

Kondisi ini biasa muncul pada selama atau setelah kehamilan atau setelah perubahan berat bedan yang siknifikan. Terkadang stretch mark kerap muncul pada saat seseorang mengalami masa pertumbuhan pada usia ramaja. Stretch mark tidak berbahaya, dan sering kali hilang seiring waktu.

Upaya Mencegah Stretch Mark

  • Pertahankan berat badan ideal dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat.
  • Makan makanan yang seimbang. Konsumsi Vitamin A dan C dalam jumlah yang cukup akan membantu menambah jumlah kolagen di kulit.
  • Kurangi konsumsi garam karena garam akan menyerap asupan air dalam tubuh.

Upaya Menyamarkan Stretch Mark

  • Lakukan eksfoliasi kulit dengan menggunakan body scrub dengan bulir-bulir yang halus.
  • Gunakan krim pelembap dan pijat perlahan pada area yang memiliki selulit. Pilihlah krim yang mengandung kolagen atau Vitamin A untuk membantu menyamarkan selulit.
  • Cukupi kebutuhan cairan harian pada tubuh. Jangan lupa untuk minum air putih sebanyak 1,5 liter setiap harinya.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki tampilan stretch mark:

  • Krim Tretinoin yang dapat bekerja dengan memulihkan kolagen dan protein berserat yang membantu memberikan elastisitas kulit Anda. Sebaiknya gunakan krim ini pada stretch mark baru yang berwarna merah atau merah muda. Krim ini bisa menyebabkan iritasi kulit. Jika Anda sedang hamil, Anda tidak boleh menggunakan krim tretinoin.
  • Mikrodermabrasi melibatkan pemolesan kulit dengan kristal kecil untuk mengungkap kulit baru yang berada di bawah stretch mark yang lebih elastis. Mikrodermabrasi dapat memperbaiki tampilan bekas stretch mark.
  • Laser excimer merangsang produksi warna kulit (melanin) sehingga stretch mark lebih cocok dengan kulit di sekitarnya.

Tidak ada cara untuk mencegah stretch mark sepenuhnya, meskipun Anda rutin menggunakan lotion dan krim. Namun, menjaga berat badan Anda dalam kisaran yang sehat dengan makan dengan baik dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya stretch mark yang disebabkan oleh kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba.

(DA)