Cara Tepat Atasi Anak Tantrum di Tempat Umum

Menghabiskan waktu dengan sang Anak memang sangat menyenangkan. Bisa bermain, bercanda dan lain sebagainya. Namun suasanya akan langsung berubah ketika sang anak mulai tantrum.

Biasanya, tidak ada suatu hal yang menyebabkan anak tersebut tantrum, bisa terjadi begitu saja. Mungkin jika anak tantrum di dalam rumah tidak menjadi masalah besar, namun jika di tempat umum. Ini yang lumayan tricky mengatasinya.

image: pexels

Seringkali Anda merasa tidak nyaman saat melihat anak rewel dan menangis. Akhirnya Anda juga ikut merasa tidak enak dengan orang sekitar karena tentu merasa terganggu.

Bila hal itu terjadi, usahakan untuk jangan langsung membentak sang anak ya, Scarf Lover.

Karena sangat penting untuk menilai lebih awal apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Sebagai seorang ibu, Anda juga harus membantu sang anak untuk menceritakan apa yang ia rasakan. Coba pahami situasi agar anak merasa nyaman dan tidak merasa semakin kesal.

image: pexels

Melansir dari berbagai sumber, ini di acara tepat mengatasi anak tantrum saat di tempat umum.

Baca juga  Penyebab Belekan Pada Bayi

1. Katakan Kemana Anda dan Anak Akan Pergi

Saat bersiap-siap di rumah, katakana pada anak Anda kemana dirinya akan pergi. Hal ini akan membantu sang anak tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan. Misalnya, katakan padanya bahwa nanti akan pergi ke salon lalu setelah itu ke toko bahan makanan. Alhasil sang anak tidak akan berekspektasi untuk dibelikan mainan atau yang lain sebagainya.

2. Lihat Situasinya

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat situasi, apakah ramai atau tidak. Karena hal ini berpengaruh saat Anda ingin menanganinya dengan cara mengalihkan dengan memberi perhatian lewat memberikan camilan atau dibuat tertawa dengan hal-hal lucu.

3. Bawa ke Tempat yang Aman

Jika Anda melihat amarah anak sudah tidak bisa dibendung lagi, lebih baik cari tempat yang aman karena tentu akan bisa mengganggu orang disekitar karena tangisannya. Karena pada saat situasi yang lebih tenang justru Anda akan lebih bisa menenangknnya karena tidak terlalu dibuat stres dengan pandangan orang sekitar.

Baca juga  Bisakah Virus Corona Membahayakan Bayi Saat Anda Sedang Hamil?

4. Tanyakan Apa yang Sebenarnya Terjadi

Saat anak Anda sedang tantrum, jangan dibentak namun tanyakan apa yang terjadi? Kenapa menjadi rewel dan mengamuk? Katakan dengan pelan agar anak tetap merasa nyaman. Beri perhatian dengan lembut untuk tenang dan berhenti menangis.

5. Kendalikan Reaksi Anda

Saat melihat anak tantrum, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda mengatasinya. Harap perhatikan reaksi yang akan diberikan. Pikirkan apakah hal itu akan memperbaiki suasana atau bahkan memperkeruh. Jangan terlalu berlebihan jika ingin bereaksi karena akan membuat suasana hati sang anak tidak kunjung membaik, namun jangan pula tidak bereaksi sama sekali karena anak akan merasa diabaikan. Sebaiknya, gunakan cara yang netral untuk mengatur emosi sang anak agar terus mereda.

(AA)

Translate »