8 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Belimbing dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki bentuk unik karena saat dipotong akan membuat bentuk bintang. Tapi tidak hanya unik dari segi bentuk, tapi buah yang memiliki rasa asam sedikit manis ini juga punya segudang manfaat lho.

image: pixabay

Anda penasaran apa saja manfaat belimbing? Mari kita ulas bersama.

1. Bantu Penyembuhan Luka

Belimbing memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Hal ini lah yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan jaringan serta luka.

2. Mencegah Kanker

Tingginya kandungan vitamin serta polifenol dari buah belimbing dapat membantu menangkal radikal bebas serta melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker

3. Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi buah dan sayur memang sangat ampuh untuk mengatasi diabetes, salah satunya belimbing. Buah belimbing yang tinggi akan kandungan serat dapat mencegah tingginya gula darah pada tubuh dan mengurangi risiko diabetes.

Baca juga  Alasan Mengapa Anda Perlu Tutup Pintu Saat Tidur

4. Menangani Anemia

Buah belimbing juga bisa menangani masalah anemia lho, Scarf Lover. Tingginya kandungan Vitamin C snagat berperan penting dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini yang menyebabkan peningkatan produksi sel darah dan membantu mengatasi gejala anemia.

5. Mengurangi Peradangan

Terdapat kandungan flavonoid pada belimbing seperti quercetin, epicatechin, dan asam galat yang berfungsi untuk mencegah peradangan. Ditambah lagi dengan tingginya antioksidan juga dapat menetralkan radikan bebas yang dapat menyebabkan inflamasi

6. Menurunkan Berat Badan

Tidak masalah untuk Anda mengonsumsi belimbing saat sedang menjalankan program diet. Karena, justru buah ini dapat mempercepat metabolisme tubuh yang akan membantu menurunkan berat badan Anda. Tingginya serat dan vitamin akan membuat buah ini bisa menjadi camilan sehari-hari karena cukup mengenyangkan.

Baca juga  Perjalanan Hijrah Halima Aden dari Dunia Modeling Hingga Panggung Miss Universe

7. Meningkatkan Hidrasi Tubuh

Setiap orang wajib minum air sebanyak 8 gelas per hari agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Terdapat fakta menarik dari buah belimbing, bahwa buah berwarna kuning ini merupakan salah satu buah yang paling menghidrasi karena mengandung air sebanyak 91,4%.

8. Bisa Membuat Kulit Tampak Lebih Muda

Meningat belimbing kaya akan antioksidan seperti Vitamin C, quercetin, asam galat, dan flavonoid polifenol. Sudah pasti dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Karena salah satu fungsi antioksidan adalah melawan efek stres dan meningkatkan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Vitamin C-nya juga ampuh untuk meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan kerutan dan menjaga kulit agar terhindar dari noda.

(AA)

Translate »