11 Makanan yang Tidak Boleh Dimasukan ke Lemari Pendingin

Lemari pendingin atau kulkas sering kali menjadi tempat untuk menimbun makanan. Kulkas memang dikenal dapat membuat makanan menjadi lebih tahan lama.

Namun, tidak semua makanan bisa diletakkan dalam kulkas. Makanan yang diharapkan dapat bertahan lebih lama, saat sudah disimpan dalam kulkas akan membuat kualitas makanan menjadi menurun hingga tidak bisa dikonsumsi kembali.

Untuk menghindari makanan yang terbuang sia-sia akibat salah penyimpanan, berikut ini Scraf Media akan membagikan bahan makanan yang tidak boleh masuk kedalam kulkas yang dapat Scraf Lover praktikan pada kulkas dirumah.

1. Bawang

image: pixabay

Bawang memiliki aroma tajam yang dapat diserap oleh bahan makanan lain yang akan membuat aroma makanan tersebut menjadi tidak sedap. Untuk mensiasati penyimpanan bawang, Anda bisa meletakannya di tempat kering dan gelap. Tempat terang akan membuat bawang menjadi bertunas bila disimpan dalam jangka panjang.

2. Kentang

image: pixabay

Tempratur tinggi dalam kulkas akan mengubah tekstur menjadi lebih keras dan kasar. Selain itu sari pati yang terkandung dalam kentang akan cepat terirai dan membuat kentang menjadi lebih manis. Sebaiknya simpan kentang dalam tempat terpisah dan tidak terpapar sinar matahari agar tidak mengubah kualitas kentang.

3. Madu

image: pixabay

Karena kandungan gulanya yang tinggi madu tidak perlu dimasukan dalam kulkas. Karena suhu udaranya yang dingin, madu akan mengeras dan mmebutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya kembali seperti semula.

Baca juga  Ternyata Ini Penyebab Gagal Diet Keto

4. Tomat

image: pixabay

Agar tomat selalu segar, jangan simpan tomat dalam kulkas karena akan mengubah terktur pada tomat. Tomat yang disimpan dalam kulkas akan memiliki tekstur lembek pada bagian dalam sehingga akan membuat tomat menjadi cepat busuk.

5. Roti

image: pixabay

Jangan pernah simpan roti Anda dalam kulkas, simpan roti Anda di kotak roti atau di rak penyimpan makanan. Roti yang disimpan di dalam kulkas memang akan memperlambat pertumbuhan jamur, tetapi membuat roti tekstur menjadi keras dan terasa basi.

6. Alpukat

image: pixabay

Menyimpan alpukat dalam kulkas akan membuat alpukat mejadi lembek dan tidak enak untuk dimakan. Simpan alpukat dalam wadah terpisah seperti kentang dan bawang agar tidak membuat alpukat lembek saat dimakan.

7. Kopi

image: pixabay

Baik itu dalam bentuk kacang atau bubuk, kopi tidak boleh disimpan di lemari es karena baunya dapat diserap. Simpanlah dalam wadah kedap udara sebagai gantinya jika Anda tetap ingin menyimpannya dalam kulkas.

8. Telur

image: pixabay

Menyimpan telur dalam kulkas memang tidak ada salahnya karena tidak akan mengubah rasa atau bentuk. Namun, jika Anda meyimpan telur dalam suhu ruangan Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam memanggang dan merebus telur ketika Anda menyimpan telur dengan suhu ruangan

Baca juga  8 tips meminum kopi dengan cara yang sehat

9. Pisang Mentah

image: pixabay

Jika Anda memiliki pisang yang baru dipetik jangan segera memasukanya dalam kulkas. Pisang yang masih mentah memerluka proses pematangan selama beberapa hari dengan suhu ruangan. Anda bisa meletakkan pisang yang sudah matang di kulkas, tapi jangan khawatir saat warnanya menjadi hitam. Penghitaman tersebut terjadi karena kandungan etilen kulit pisang yang mengalami perubahan kimiawi saat mengalami suhu dingin.

10. Minyak Kelapa

image: pixabay

Minyak kelapa stabil pada suhu ruangan hingga dua tahun, jadi tidak perlu menyimpannya di kulkas yang mengeras dan hampir tidak mungkin digunakan. Tidak seperti beberapa minyak yang tetap cair pada suhu dingin, minyak kelapa mengandung persentase lemak jenuh yang tinggi, yang menyebabkannya mengeras di lemari es.

11. Apel

image: pixabay

Simpan apel segar di atas meja untuk rasa terbaik. Meskipun apel akan tetap renyah lebih lama di lemari es, kandungan etilen di kulitnya dapat menyebabkan produk lain di sekitarnya lebih cepat rusak.

(DA)

Translate »