10 Jenis Makanan yang Akan Beracun Jika Dipanaskan Kembali

Banyak dari kita yang memiliki kebiasaan menyimpan makanan dan kemudian memanaskannya kembali pada saat ingin dikonsumsi. Tetapi bagaimana jika memanaskan kembali makanan tertentu sebenarnya membuatnya beracun? Berikut beberapa makanan yang tidak boleh Anda panaskan kembali.

1. Kentang

image: pixabay

Kentang dapat kehilangan nilai gizinya jika dipanaskan kembali. Bahkan jika Anda membiarkannya pada ruangan kamar untuk waktu yang lama, mereka sebenarnya bisa menjadi racun dan menyebabkan mual atau penyakit, dan bahkan keracunan makanan.

2. Nasi

image: pixabay

Nasi yang sudah dimasak, tidak disarankan untuk disimpan terlalu lama dan dipanasi lagi. Hal ini terutama ketika nasi sudah dikeluarkan dari penanaknya. Memanasi nasi kembali bisa menyebabkan munculnya masalah bakteri. Sebaiknya segera konsumsi nasi yang sudah dimasak. Disarankan untuk memasak nasi sedikit demi sedikit agar cepat habis.

3. Telur

image: pixabay

Telur merupakan makanan pokok pagi hari dan pembangkit protein. Memanaskan kembali telur pada suhu tinggi dapat membuatnya beracun yang dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan Anda.

Baca juga  Masih Menggunakan Bra Saat Tidur? Ini yang Akan Anda Dapatkan

4. Jamur

image: pixabay

Jamur yang sudah dimasak tidak boleh dipanasi karena protein dan nutrisi di dalamnya bisa menimbulkan racun dan masalah pencernaan. Pada kondisi tertentu, jamur yang dipanasi lebih dari sekali bisa menimbulkan masalah di jantung.

5. Ayam

image: pixabay

Sama seperti jamur, ayam sangat kaya protein, yang akan berdampak negatif jika dipanaskan kembali. Ini sebenarnya bisa menyebabkan masalah pencernaan. Jika Anda benar-benar ingin memanaskan kembali ayam yang telah dimasak, Anda dapat melakukannya dengan suhu rendah untuk durasi yang lebih lama.

6. Bayam

image: pixabay

Seperti banyak sayuran berdaun hijau lainnya, bayam kaya akan nitrat dan zat besi. Saat dipanaskan kembali, nitrat ini dapat diubah menjadi nitrit dan karsinogen lain yang diketahui zat yang dapat menyebabkan kanker pada jaringan hidup.

7. Minyak

image: pixabay

Minyak biji anggur, minyak kenari, minyak alpukat, minyak kemiri, dan minyak biji rami semuanya memiliki titik panas yang sangat rendah. Itulah sebabnya, saat Anda memanaskannya kembali, minyak menjadi tengik. Jadi, hindari menggunakannya untuk memasak, memanggang, atau menggoreng. Sebaliknya, taburkan ke atas makanan Anda di akhir memasak untuk meningkatkan rasa.

Baca juga  IN2MF 2023 Resmi Digelar, Penguatan Modest Fashion Tanah Air Mendunia

8. Buah Bit

image: pixabay

Buah bit kaya dengan kandungan nitrat di dalamnya. Ketika terpapar panas, kandungan buah bit ini bisa berubah menjadi racun. Memanasi makanan yang memiliki kandungan buah bit bisa melepaskan kandungan kesinogenik yang bisa menyebabkan kanker dan ketidaksuburan.

9. Seledri

image: pixabay

Seledri memiliki kandungan nitrat yang tinggi dan bisa berubah menjadi beracun ketika dipanasi. Nitrat bisa berubah menjadi nitrit ketika dipanasi dan menyebabkan keracunan makanan.

10. Seafood

image: pixabay

Makanan laut atau seafood juga merupakan jenis makanan sebaiknya tidak dipanasi. Untuk menyimpan makanan laut, sebaiknya kamu membekukannya terlebih dahulu. Makanan yang telah dibekukan ini sebaiknya dibiarkan pada suhu ruang terlebih dahulu sebelum dimasak atau dipanasi karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

(DA)

Translate »