Perawatan Ini Bisa Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Munculnya flek hitam di wajah dapat membuat warna kulit tidak merata. Umumnya, flek akan muncul jika kulit terlalu sering terpapar matahari. Hal ini karena sinar matahari meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit.

Namun sayangnya, tempat yang rentan munculnya flek hitam berada pada wajah. Karena wajah hampir terpapar sinar matahari setiap waktu. Selain membuat tidak percaya diri, butuh usaha ekstra untuk menyamarkan noda hitam.

Tapi jangan khawatir Scarf Lover, berikut ini ada beberapa pilihan perawatan yang bisa Anda lakukan agar warna kulit jadi merata, baik dengan bantuan medis atau mengandalkan kandungan dalam produk skincare yang mudah ditemukan.

1. Vitamin C

image: freepik

Vitamin C mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit menjadi kusam dan timbulnya keriput. Vitamin C juga dapat menghambat melanin sehingga dapat membantu meratakan warna gelap pada kulit wajah.

2. Kojic Acid

image: pexels

Kojic Acid berasal dari jamur atau beras yang difermentasi. Kandungan yang terdapat pada kojic acid juga baik untuk mengurangi flek hitam pada wajah. Kandungan tersebut bekerja dengan menekan zat warna pada kulit sehingga area kulit yang gelap dapat cerah kembali. Namun, hasilkan diberikan tidak berjalan dengan instan, perlu waktu beberapa bulan hingga Anda bisa melihat hasilnya secara signifikan.

Baca juga  Berbagai Macam Festival di Negara Muslim

3. Ekstrak Kedelai

image: pixabay

Ekstrak kedelai yang berasal dari tanaman kedelai telah terbukti membantu mencerahkan kulit. Kedelai bekerja dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit.

4. Azelaic Acid

image: freepik

Azelaic Acid atau Asam azelaic adalah salah satu bahan alami untuk mengatasi flek hitam yang masih belum banyak dikenal. Asam azelaic bekerja dengan membunuh bakteri dan membuang sel kulit mati. Asam azelaic adalah ekstrak alami dari gandum yang mengganggu produksi pigmentasi abnormal. Karena sifat antibakterinya, selain digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam, asam azelaic dapat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang tertinggal.

5. Laser

image: technofaq.org

Laser merupakan perawatan yang paling sering dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah dengan flek hitam. Perawatan ini juga cukup cepat karena hanya fokus pada area yang memiliki flek hitam. Namun perawatan ini memang membutuhkan biaya yang lebih besar karena hasilnya yang bisa dilihat dalam lima atau enam kali perawatan. Laser bekerja dengan cara memecah dan menghilangkan partikel pigmen kulit yang gelap.

Baca juga  Menjelajah Tempat Wisata Di Lamongan Yang Menakjubkan

6. Chemical Peeling

image: cderma.id

Chemical peeling sendiri merupakan tindakan estetika yang digunakan untuk membuat kulit anda kembali rata dan bersih. Chemical peeling menggunakan cairan kimia yang mengandung tingkat konsentrasi asam tinggi sehingga akan membuat kulit mengelupas. Flek hitam yang ada di kulit akan terkikis dengan sempurna. Pada awalnya, setelah dilakukan chemical peeling kulit akan terlihat hitam dan gosong. Namun tidak perlu khawatir karena ini merupakan cara kulit untuk beradaptasi sekaligus membuang sel-sel kulit mati. Dalam beberapa hari kulit akan terasa sangat kencang dan tertarik, dan setelahnya kulit mati tersebut akan mengelupas dengan sendirinya dan diganti oleh sel-sel kulit baru.

8. Microneedling

image: elle.com

Perawatan microneedling dapat membantu produksi kolagen kulit yang dapat menghilangkan dark spot sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Bila dilakukan dengan benar, hasilnya dapat terlihat setelah satu minggu sejak perawatan. Biasanya, dokter kulit yang melakukan perawatan ini akan menambahkan vitamin C agar area kulit yang gelap lebih cepat teratasi. (DA)

Translate »