Manfaat Baby Oil untuk Rambut yang Jarang Diketahui

Baby oil dikenal mampu mengatasi permasalahan pada kulit bayi yang mengalami kulit kering atau digunakan untuk memijat tubuh bayi. Baby oil tak hanya dikenal sebagai produk perawatan bayi. Minyak ini juga dikenal luas manfaatnya untuk orang dewasa. Baby oil dipercaya bisa membuat kulit lembut, wangi, dan harganya cukup murah.

Minyak mineral ini telah teruji oleh dokter kulit dan hipoalergenik. Artinya, formula ini dibuat menjadi formula ringan yang tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada kebanyakan orang.

Selain itu, baby oil tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, ftalat, pewarna, dan pewangi. Ini terbukti secara klinis aman untuk digunakan pada bayi. Jadi, jika Anda ingin mengaplikasikannya pada rambut Anda, aman dilakukan.

Berikut ini manfaat baby oil yang jarang diketahui kegunaannya

1. Melembabkan Rambut

image: pexels

Baby oil mampu melindungi kulit kepala Anda. Baby oil bisa menjadi pilihan untuk mengunci kelembapan alami saat mengeringkan dan menata rambut. Baby oil juga membantu melindungi hilangnya kelembaban dari rambut karena angin dan kerusakan akibat sinar matahari.

2. Mengatasi Ketombe

sumber: gayarambut.co.id

Kulit kepala yang kering bisa terkelupas dan dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Hal ini dapat merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang sehat membantu memberi Anda rambut yang lebih kuat, lebih halus, dan tampak lebih sehat. Melembabkan kulit kepala membantu mencegah kekeringan dan serpihan. Jika Anda ingin mencobanya, gunakan baby oil pada kulit kepala dan akar rambut Anda sebelum mencuci rambut.

Baca juga  Kekeliruan Saat Memakai Sunscreen yang Selalu Anda Lakukan

3. Mempermudah Penataan Rambut

image: pixabay

Menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut pasca mandi membantu rambut terlihat lebih halus, lebih bersinar, dan tidak kusut. Gunakan sedikit baby oil untuk membantu menata dan menahan rambut. Tidak seperti gel rambut dan hairspray, baby oil tidak akan membuat rambut keras atau meninggalkan kerak. Anda tidak perlu menggunakan serum rambut untuk membuat rambut mudah ditata. Cukup menggunakan baby oil Anda dapat menata rambut dengan mudah.

4. Mampu Atasi Kutu

image: allthingshair.com

Baby oil juga dapat membantu mengobati kutu kepala pada orang dewasa dan anak-anak. Tutupi kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung dengan baby oil. Biarkan selama setidaknya 8 jam sebelum dicuci. Minyak bayi membantu menyingkirkan kutu dan telur kutu. Ini paling efektif jika dikombinasikan dengan bahan kimia khusus untuk perawatan kutu.

Baca juga  3 Manfaat Membaca Asmaul Husna di Pagi Hari

5. Menghaluskan Rambut

image: unsplash

Gunakan sedikit baby oil pada rambut yang baru dicuci untuk membantu menjaga rambut tetap halus. Baby oil menutup setiap kutikula rambut. Ini membantu mencegah kerusakan akibat panas akibat pengeringan atau alat penata gaya lainnya.

Menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut setelah mandi membantu rambut terlihat lebih halus, lebih berkilau, dan tidak kusut.

Namun ada beberapa hal yang harus diingat bila Anda ingin menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut Anda. Seperti jenis minyak lainnya, baby oil dapat menyumbat pori-pori kulit Anda. Ini dapat mengiritasi kulit kepala Anda. Ini juga dapat menyebabkan jerawat jika minyak mengenai garis rambut atau dahi Anda. Terlalu banyak menggunakan baby oil juga dapat membuat rambut Anda terlihat dan terasa berminyak.

Cuci baby oil dari rambut Anda dengan hati-hati. Gunakan air hangat dan banyak sampo. Pijat kulit kepala dan rambut Anda dengan lembut untuk memastikan baby oil terangkat. Anda mungkin perlu keramas dua kali jika Anda memiliki rambut berminyak alami.

Jika Anda menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut tanpa bilas, gunakan beberapa tetes saja. (DA)

Translate »