Ini Dia 3 Orang yang Tidak Akan Diajak Bicara Oleh Allah SWT

390

Hidup seorang manusia, hendaknya untuk selalu berbuat kebajikan karena akan bermanfaat dikemudian hari. Mengapa?

Karena Allah SWT telah menetapkan 3 orang yang tidak akan diajak bicara oleh-Nya.

Melalui hadist Nabi SAW seperti yang disampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah, yakni terdapat tiga orang yang tidak akan diajak bicara oleh Allah SWT pada hari kiamat, Allah SWT tidak akan mensucikan timbangan amal, Allah SWT juga siapkan untuk mereka azab yang pedih.

Siapa saja ketiga orang tersebut?

1. Orang Tua yang Berzinah

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan bahwa bila yang berzina adalah anak muda, mungkin masih ada sebab, meskipun tetap berdosa. Tapi apabila orang tua, patut dipertanyakan, buat apa berzina? Tidak ada hajat untuk itu.

2. Orang Miskin yang Sombong

Seperti salah satu hadist Nabi SAW yakni:

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Artinya: “Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain,” (HR Muslim Nomor 91)

“Saat ada orang miskin yang sombong itu buat apa? tidak ada pemicunya. Justru pada saat itu lah seharusnya lebih tawadhu, lebih merendah.” ujar Ustadz Khalid Basalamah.

3. Orang yang Berdagang Namun Berdusta

Salah satu contoh perkataannya seperti “Demi Allah belum sampai modalnya”. Perbuatan tersebut melibatkan Allah SWT dalam sebuah transaksi demi mencari keuntungan, namun dengan cara yang salah dengan berbohong.

Semoga kita semua selalu dijauhkan dari ketiga golongan di atas ya, Scarf Lover. (AA)