Easy to Wealthy in Your Hands

238

Bicara soal pengeluaran memang tidak akan pernah ada habisnya. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, ada banyak sekali pengeluaran yang tidak terduga, tak ayal justru membuat kita menjadi lebih boros.

Hal ini yang membuat Scarf Media tertarik untuk membahasnya melalui kuliah whatsapp Volume 8 bersama Yuliana Fitri, selaku Head Sharia Funding & Partnership Maybank Syariah dengan tema Easy to Wealthy in Your Hands.

Yuliana Fitri mengatakan bahwa kondisi new normal memaksa kita semua untuk kembali menata kembali pola hidup karena keadaan semuanya berubah, prioritas berubah dan gaya hidup pun juga ikut berubah.

Akan lebih baik kalau kita semua melakukan detox. Tidak hanya pada jiwa dan raga, melainkan keadaan finansial. Karena saat ini tentu akan memicu munculnya racun-racun finansial yang justru akan berakhir buruk nantinya.

Terdapat lebih dari 100 peserta yang mengikuti kuliah whatsapp kali ini, sebagian besar mengatakan bahwa saat ini pengeluaran mereka cenderung lebih boros karena sering mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bisa dikatakan tidak terlalu penting.

Tentu ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam rangka detox finansial, diantaranya:

  1. Evalusasi penghasilan
  2. Beli yang prioritas
  3. Hindari cicilan baru
  4. Ubah kebiasaan (say no to impulsive)

Peserta dengan semangat mengikuti kuliah whatsapp kali ini, pertanyaan yang diajukan pun beragam dan begitu menarik, diantaranya seperti bagaimana cara menghindari budaya konsumtif terutama di masa pandemi ini.

Menurut Yuliana, detox finansial sangat penting dilakukan untuk menghindari perilaku konsumtif. Hal-hal yang tidak terlalu penting sebaiknya dihindari dan disimpan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat nantinya.

Ada banyak pertanyaan lain yang diajukan kepada Yuliana Fitri pada kegiatan hari ini. Setelah selesainya sesi tanya jawab, berakhir pula sesi kuliah whatsapp volume 8 hari ini bersama dengan Maybank Syariah.

Jangan lupa untuk follow Instagram Scarf Media di @scarf_media agar selalu mendapatkan update terbaru mengenai acara-acara menarik selanjutnya. (AA)