Cegah Stunting dengan Pantau Tumbuh Kembang Anak

Stunting merupakan kondisi malnutrisi anak yang sampai saat ini terus mengalami peningkatan yang dialami oleh sebagian anak di Indonesia. Kondisi ini merupakan masalah sosial dan ekonomi yang terus berlanjut di Indonesia, di mana angka stunting adalah 27.67 persen atau sekitar 1 dari 4 anak dibawah usia lima tahun tidak tumbuh ideal.

Maka dari itu kita sebagai orangtua harus memerhatikan masa tumbuh kembang kritis pada Si Kecil yaitu pada usia 0 bulan sampai ke lima tahun.

Sebab jika tidak ditangani, Si Kecil akan berisiko tidak memiliki tumbuh kembang optimal seperti anak-anak lainnya dan bisa memengaruhi kesehatan, performa, hingga kualitas hidup di masa depan.

“Penting bagi orangtua dalam mempersiapkan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan optimal otak dan tulang, demi masa depan anak,” ujar Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A (K) dalam webinar Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Pemantauan Tumbuh Kembang dan Asupan Nutrisi di Usia Dini untuk Masa Depan Anak Indonesia yang Lebih Baik dari Abbott.

Kunci untuk mengetahui adanya gejala malnutrisi secara dini adalah melalui pengukuran berat badan dan tinggi badan anak secara teratur.

Baca juga  5 Tips Agar Produk Anda Laku Terjual Tanpa Tersisa!

Pada kesempatan kali ini Abbott juga memperkenalkan alat ukut digital Growthpedia yang menawarkan 2 pilihan untuk orangtua untuk mengukut dan melacak pertumbuhan anak.

“Kurangnya pemahaman orangtua tentang bagaimana melakukan pengukuran tinggi badan anak, merupakan indikator untuk mengetahui apakah seorang anak tumbuh dengan tinggi dan berat yang tepat, serta apakah anak mendapatkan nutrisi yang cukup,” kata Angelico Escobar, Head of Abbott Nutrition International (ANI).

“Abbott berkomitmen untuk memberikan solusi asupan nutrisi di semua kelompok umur. Dengan menyediakan teknologi praktis seperti Growthpedia, orangtua dapat memantau pertumbuhan anak mereka dengan nyaman menggunakan perangkat elektronik apa pun di rumah dan pada saat yang sama mendapatkan tips tentang nutrisi dan makanan bergizi untuk membantu anak-anak mereka tetap aktif dan sehat.” tambahnya.

Ada 2 pilihan yaitu:

Growth Tracker – memungkinkan orangtua untuk memasukkan data tinggi badan, berat badan, tinggi orangtua, dan tanggal lahir anak mereka untuk melihat status pertumbuhan anak dan rekomendasi nutrisi yang sesuai.

Baca juga  Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

Filter Growth Augmented Reality (AR) – filter Instagram; hanya dengan beberapa klik menggunakan perangkat seluler, orang tua dapat memeriksa status pertumbuhan anak dan berbagi langsung di halaman media sosial mereka.

Dengan diperkenalkannya alat ukur digital Growthpedia, Abbott berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik dan dukungan nutrisi yang tepat, terutama di tahun-tahun awal pertumbuhan anak.

Sehingga orangtua wajib memantau pertumbuhan Si Kecil dan memastikan bahwa nutrisi yang tepat dan adekuat didapatkan sejak dini untuk memaksimalkan potensi mereka.

“Sebab tanpa nutrisi yang tepat, anak-anak itu pertumbuhannya bisa kurang baik atau bahkan terhambat, yang pada akhirnya menyebabkan berbagai penyakit dan masalah perkembangan kognitif.” jelas Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A (K).

Maka dari itu penting untuk memerhatikan nutrisi dan gizi seimbang yang diberikan kepada Si Kecil dan jangan lupa juga untuk rutin memantau berat badan serta tinggi Si Kecil. (DA)

Translate »